Admin Myindischool

headerBanner
Wajib Ditiru! 5 Cara  Menghapal Cepat Ini!

Wajib Ditiru! 5 Cara Menghapal Cepat Ini!

IndiSchool - Mytips · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 30 Januari 2018 13:28 WIB 972 0 0

Biasanya menjelang ujian, kamu harus ekstra kerja keras untuk mendapatkan nilai maksimal. Sayangnya, nggak semua orang bisa dengan mudah menyerap pelajaran yang diterima. Nah, agar nilai ujianmu maksimal dan bisa menghapal cepat mata pelajaran yang diujikan. Simak baik-baik ya informasi di bawah ini, Teman!

1. Tulis ulang materi pelajaran yang akan diujikan

Cara ini bisa dibilang ampuh banget, lho! Menurut Kenneth Kiewra, Psikolog pendidikan dari University of Nebraska, kegiatan menulis membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan memahami suatu pelajaran menjadi lebih tajam. Kamu bisa menulis ulang materi pelajaran yang akan diujikan. Dengan mencatat tulis tangan otomatis kamu akan mampu mengingat pelajaran lebih lama, Teman.

2. Buat kata kunci dan poin-poin penting di kertas

Selain mencatat dengan metode tulis tangan, jangan lupa untuk mencatat kata kunci dan poin pentingnya saja. Kamu bisa mencatat di notes kecil agar bisa dibawa ke mana pun. Jadi, kamu bisa membaca catatan kecil itu kapan saja. Pastinya hapal di luar kepala deh!

3. Baca dan ulangi materi di tempat yang nyaman

Ternyata tempat juga menjadi poin penting yang perlu kamu perhatikan. Carilah tempat kondusif untuk membaca dan mengulang materi pelajaran yang telah diterima . Kamu bisa memilih membaca di taman hingga cafe yang nggak terlalu ramai. Suasana yang mendukung membuat otakmu rileks. Jadi, nggak heran bisa membantu kamu mencerna materi lebih mudah.

4. Tanya jawab dengan orang yang ada di sekitarmu

Ajaklah orang terdekat yang ada di sekitarmu untuk menguji seberapa cepat kamu menangkap materi pelajaran. Kamu bisa meminta bantuan ayah, ibu, adik, kakak, ataupun teman sebangku. Semakin sering kamu melakukannya, maka semakin lekat materi tersebut dalam ingatan kalian.

Menghapal pasti jauh lebih enak saat badanmu segar dan nggak ngantuk. Tubuh pun perlu istirahat dengan tidur yang cukup membuat fungsi otak beristirahat sejenak. Kamu akan jauh lebih siap menghapal materi di pagi harinya berkat tubuh yang segar! (MDEV/ Shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com