Admin Myindischool

headerBanner
Trik Jitu Mengatasi Demam Panggung

Trik Jitu Mengatasi Demam Panggung

IndiSchool - Mytips · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 23 September 2014 16:35 WIB 21029 0 1

Saat tampil di depan kelas, pernahkah kamu grogi atau nervous atau mengalami demam panggung, entah untuk berbicara maupun bernyanyi? Pasti pernah. Tak dipungkiri kadang timbul rasa gugup, gemetar, dag dig dug di dada sampai keringat dingin ketika kita maju di depan kelas.

Setiap orang pernah mengalami Demam Panggung ketika harus berbicara di depan khalayak. Bagi mereka yang handal dalam berbicara mungkin menganggap biasa-biasa saja, tapi bagi yang belum pernah atau pertama kali tentu ada rasa nervous. Nah, bagi kamu yang sering mengalami Demam Panggung tak perlu khawatir karena ada beberapa trik mudah untuk mengatasinya, seperti berikut ini.

  • Persiapan

Salah satu penyebab demam panggung adalah kurangnya persiapan. Sebelum kamu maju di depan kelas coba untuk persiapkan apa yang akan dibicarakan nanti. Misalnya, persentasi karya tulis. Dengan persiapan maksimal pasti kita menjadi percaya diri.

  • Terus berlatih

Berlatih di depan orang banyak adalah cara ampuh untuk mengatasi demam panggung. Misalnya, kita berlatih di depan teman-teman atau keluarga sebelum maju di depan kelas. Kita minta mereka untuk mendengarkan apa yang ingin kita bicarakan. Demam panggung biasanya terjadi karena kita kurang terbiasa tampil di hadapan banyak orang. Akan lebih baik lagi bila mereka memberikan penilaian kepada kita, apa yang kurang dari kita nantinya bisa kita perbaiki sehingga saat maju di depan kelas kita tidak lagi nervous.

  • Percaya diri

Percaya diri adalah kunci utama kita bisa melakukan sesuatu termasuk saat kita sedang berbicara di depan kelas. Kita percaya bahwa kita bisa dengan kemampuan diri sendiri. Dan yakin bahwa kita mampu melenyapkan rasa grogi. Cobalah cari topik yang mudah dan kita kuasai. Bila kita disuruh bernyanyi, coba cari lagu yang pas dengan suara kita dan mudah untuk dinyanyikan.

  • Rileks sebelum tampil

Biasanya rasa gugup datang saat kita menunggu giliran untuk tampil. Untuk mengatasi rasa gugup sebelum tampil kamu bisa mencoba rileks, seperti berdoa, mendengarkan music, mengobrol atau makan permen karet.

Rasa takut dan gugup akan hilang bila kita terus mencoba dan mencoba lagi. Ingat ya Teman, bila kita melakukan kesalahan saat tampil di depan, usahakan kita tidak langsung panik. Tetaplah tenang dan lakukan improvisasi (melakukan sesuatu secara spontan) untuk kesalahan tersebut. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com