Admin Myindischool

headerBanner
Tips Persiapan Mudik

Tips Persiapan Mudik

IndiSchool - Mytips · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 22 Juli 2014 11:04 WIB 2872 0 1

Libur lebaran banyak dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman. Tujuan dari mudik sendiri adalah bersilaturahmi, bertemu keluarga besar dan kawan lama yang telah lama tidak berjumpa. Oleh karena itu, perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan baik agar saat tiba di tempat tujuan, kita tetap dalam keadaan sehat. Bikut beberapa tips agar tetap sehat selama mudik:

  • Istirahat yang cukup

Sebelum berangkat mudik kamu tidak boleh kelelahan, karena kelelahan akan membuat penurunan daya tahan tubuh, dan akhirnya membuat tubuh kita mudah terinfeksi oleh kuman atau virus, terutama bakteri dan virus penyebab penyakit infeksi usus (diare) dan infeksi saluran pernafasan atas (flu, batuk pilek dan sakit tenggorokan). Oleh karena itu, sebaiknya beberapa hari sebelum mudik kamu harus beristirahat yang cukup.

  • Berolahraga ringan dan berelaksasi

Selama perjalanan mudik manfaatkan tempat istirahat untuk melakukan olahraga ringan dan gerakan relaksasi, khususnya untuk kaki, tangan dan leher. Manfaatkan juga tempat istirahat untuk buang air kecil agar jangan sampai menahan kencing, yang akan berakibat buruk pada infeksi saluran kencing.

  • Jangan jajan sembarangan

Usahakan jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan mengingat kualitasnya belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar panas. Selain itu, makanan dan minuman itu berpotensi terkontaminasi debu dan kotoran lain. Lebih baik bawa dari rumah, jadi sebelum mudik sebaiknya kamu membawa bekal dari rumah. Makanan dan minum yang dibawa dari rumah lebih terjaga higienisnya dibanding beli di jalan.

  • Membawa obat-obatan

obat anti-diare, obat sakit kepala, obat anti-alergi, obat anti-mual-muntah untuk mencegah mabuk perjalanan, serta obat sakit maag. Obat-obatan tersebut sangat membantu sebagai pertolongan pertama. Selain itu, krim/balsem penghangat badan juga bisa digunakan selama perjalanan. Bagi para pemudik dengan penyakit kronis, misalnya pengidap diabetes mellitus, hipertensi, asma, kolesterol tinggi dan asam urat tinggi, harus selalu ingat membawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi dengan jumlah yang cukup, baik selama berada di kampung maupun saat kembali. (***)

Sumber :travel.yellowpages.co.id


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.223 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com