Admin Myindischool

headerBanner
Tips Menghapal dengan mudah

Tips Menghapal dengan mudah

IndiSchool - Mytips · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 18 November 2014 15:49 WIB 3711 0 1

Mungkin menghapal pelajaran bagi kawan-kawan sekalian merupakan hal yang membosankan, namun saat akan ujian hal tersebut mau tidak mau harus dilakukan.

Saat ujian dimana kemampuan daya ingat kita digunakan namun bagaimana kita menhapal materinya? kadang kita perlu cara yang kreatif agar kita bisa menghapal . Kadang saat kita menghapal pelajar dengan cara biasa saat ujian sering kita lupa namun jika kita berkreasi dan membuat hal tersebut menjadi hal yang kita senangi bis jadi kita mampu menghapal secara benar.

Berikut ini tip berkreasi untuk kamu menghapal pelajaran mu :

  • Membuat singkatan

Contohnya, mejikuhibiniu yang digunakan untuk menghafal warna pelangi, atau untuk menghafalkan Unsur Golongan 2A (Alkali Tanah) di pelajaran kimia, yaitu Be, Mg, Ca, Sr, Ba, dan Ra, bisa dibuat jembatan keledainya jadi Beli Mangga Campur Sirsak Bagi Rata.

  • Ubah materi pelajaran jadi lirik lagu favorit

Hafalkan dan nyanyikan berulang-ulang. Karena suka lagunya dan nadanya ada di memori kita, otak kita akan lebih mudah menerima dan menghafal lirik barunya.

  • Buat gambar atau bagan

Buat gambar atau bagan dari materi pelajaran yang pengin kita hafalkan dan hubungkan dengan sesuatu yang gampang kita ingat. Misalnya hukum Archimides kita dihafal dengan menggambar gelas besar berisi air, dengan telur di dalamnya dalam posisi tenggelam, mengambang atau terapung. Jadi kita akan mudah ingat bahwa air punya daya tolak.

Bisa juga merangkum catatan yang panjang lebar dengan membuat bagan. Misalnya catatan sejarah revolusi Indonesia, bisa dibuat bagan berbentuk timeline yang menerangkan semua kejadian secara berurutan berdasarkan waktu terjadi dan diberi keterangan yang penting saja. Jadi lebih enak dibaca.

  • Buat cerita

Atau hubungkan kalimat dengan kata yang lebih mudah diingat. Misalnya menghafal rumus berat (W) = massa (m) x gravitasi (g), bisa dibuat 'Wonder girls Makan Gorengan'. Atau kalau harus menghafalkan beberapa kata seperti negara-negara pendiri Asean, bisa dibuat cerita dengan menghubungkannnya pada kata-kata yang dekat dan mudah diingat, seperti: Putri adalah orang Indonesia yang lahir di Singapura. Hobinya jalan-jalan ke Thailand untuk lihat gajah putih, ke Malaysia untuk liat Twin Towers dan ke Filipina belajar bahasa Tagalog.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.223 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com