Admin Myindischool

headerBanner
Ngaku Pendaki Sejati? 5 Perilaku Ini Wajib Dicontoh!

Ngaku Pendaki Sejati? 5 Perilaku Ini Wajib Dicontoh!

IndiSchool - Mytips · Posted by Admin Myindischool


Senin, 11 Desember 2017 11:32 WIB 1883 0 0

Siapa sih yang ngga tahu pesona alam Indonesia? Tak hanya pantainya saja yang eksotis, tapi juga deretan gunung pun memukau. Kamu pasti bangga kan bisa hiking bersama sekaligus menikmati pemandangan alam pegunungan.

Sayangnya, tingginya volume sampah di area pendakian masih sering ditemui. Padahal gunung kan sebagai sumber kehidupan. Nah, bertepatan dengan Hari Gunung Sedunia yang jatuh pada 11 Desember 2017 ini. Yuk, coba lestarikan gunung mulai sedini mungkin! Caranya begini, Teman!

1. Briefing Sadar Lingkungan

Sebelum mendaki, ada baiknya kamu melakukan briefing terlebih dahulu. Biasanya pimpinan pendakian atau kelompok pecinta alam bisa memberikan penyuluhan singkat agar pendaki menjaga kelestarian alam sekitar.

2. Kurangi Logistik Plastik

Mesipun belum ada aturan ataupun larangan membawa logistik berbungkus plastik hingga kaleng. Kamu sebaiknya mulai mewaspadainya. Cobalah megurangi jumlah logistik plastik. Lalu, menggantinya dengan perlengkapan lain yang ramah lingkungan.

3. Bawa Trashbag

Penting banget nih buat dibawa saat hiking nanti, yaitu trashbag. Trashbag atau kantung sampah ini wajib kamu bawa selama pendakian. Fungsinya tentu saja untuk menampung sampah-sampah kita selama di gunung.

4. Jangan Bakar Sampah

Bagi kalian yang mendaki gunung jangan coba-coba untuk membakar sampah di sana. Ini bukan solusi yang tepat untuk membersihkan sampah. Bisa jadi malah kebakaran hutan, lho!

5. Turunkan Sampah

Setelah mendaki puncak gunung, pasti kamu akan menemui sampah yang bercecer di sekitarnya. Nah, sampah yang kamu temukan selama pendakian jangan lupa dipungut dan dibawa turun ya, Teman.

Mulai saat ini tanamkan kesadaran bahwa gunung dan ekosistem di dalamnya dalah harta yang tak ternilai. Pas sekali di hari Gunung Sedunia ini semoga dapat mengingatkan kita akan pentingnya keberadaan sebuah gunung. Bahkan menjadi investasi masa depan untuk kehidupan generasi berikutnya, lho. Selamat hari Gunung Sedunia, jaga dan terus lestarikan ya Teman! (MDEV)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.293 Member Bergabung
Copyright © 2021 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com