indra gunawan

Last login time
18 Desember 2018



headerBanner
Lulus SMK Mau Langsung Dapat Kerja? Ini Tipsnya!

Lulus SMK Mau Langsung Dapat Kerja? Ini Tipsnya!

IndiSchool - Mytips · Posted by indra gunawan


Selasa, 16 Oktober 2018 13:02 WIB 289 0 0

Setelah ijazah kelulusan ada ditangan, biasanya para lulusan SMK yang ingin bekerja, langsung memfotocopy dan menyatukannya dengan surat lamaran untuk dikirimkan ke berbagai instansi yang membuka lowongan pekerjaan. Agar diterima, perhatikan hal ini!

1. Membuat surat lamaran versi kamu

Tidak ada salahnya untuk membuat surat lamaran yang kreatif agar berbeda dengan pelamar lainnya. Salah satunya, bisa dengan tulisan tangan. Ini untuk menandakan jika kamu seseorang yang rajin dan mau berupaya dalam mencapai tujuan.

Namun, kamu juga harus perhatikan syarat-syarat yang ditentukan. Jika surat lamaran harus diketik, ikuti saja instruksinya. Siapa tahu perusahaan ingin melihat keahlian kamu dalam mengoperasikan Microsoft word. Biar nggak dibilang Gaptek, mungkin!

2. Lebih dari 1 surat lamaran

Yang namanya melamar pekerjaan, sudah pasti harus sabar menanti keputusan. Bisa dipanggil cepat atau tidak sama sekali. Untuk itu, kirimkan surat lamaran ke berbagai instansi. Jangan hanya mengandalkan satu surat lamaran saja. Jika dipanggil secara bersamaan, putuskan salah satunya, sesuai dengan penilain kamu.

3. Googling Lowongan Pekerjaan

Untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang bervariasi, silahkan googling. Sudah pasti akan banyak lowongan yang tersedia sesuai dengan strata pendidikan kamu. Jadi, rajin-rajinlah berselancar di dunia maya.

4. Daftar di situs pencari pekerjaan

Sudah banyak situs yang memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kamu. Isilah dengan benar. Dan sering-sering untuk mengecek notifikasi yang ada. Aktifkan selalu handphone kamu agar mudah dihubungi jika ada perusahaan yang hendak memakai jasa kamu.

5. Ceritakan keahlian yang kamu miliki

Dalam surat lamaran, ceritakan secara detail tentang keahlian yang kamu miliki. Seperti, memiliki TOEFL dan aktif berbahasa inggris atau bisa mengoprek mesin kendaraan, atau memiliki sertifikat yang menjual. Jangan ragu untuk mencantumkan semua itu. Karena, bisa menjadi nilai lebih bagi HRD.

6. Jangan lupa untuk selalu berdoa

Hal yang terpenting dari semua aktifitas adalah selalu berdoa. Mintalah kemudahan disetiap usaha yang kamu jalani. Jika sudah tercapai, jangan lupa untuk menetapi janji yang pernah kamu ucapkan. Dan yang terpenting, selalu ingat kepada-Nya.

Foto : dok.smkn1sgs.sch.id


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.868 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com