Admin Myindischool

headerBanner
Kunci Sukses Mengerjakan Soal Ujian

Kunci Sukses Mengerjakan Soal Ujian

IndiSchool - Mytips · Posted by Admin Myindischool


Kamis, 10 April 2014 17:43 WIB 4717 2 7

Teman, sebentar lagi kita akan menghadapi ujian. Apakah kamu sudah belajar untuk ujian nanti? Gunakan trik mudah dan menyenangkan berikut ini untuk membantu kamu belajar dengan cerdik saat menghadapi ujian.

  • Latihan soal

Kerjakan soal-soal sungguhan di kertas atau di papan tulis. Cobalah kamu mengerjakan soal-soal tersebut di buku pelajaran, atau kamu bisa mencari soal-soal latihan di internet. Coba klik : coolmath.com, funbrain.com, mathcats.com.

  • Tuangkan isi kepala

Jika kamu khawatir lupa rumus-rumus yang telah kamu pelajari sebelumnya, kamu bisa menuliskan di lembar soal atau kertas buram semua rumus, kata dan angka kunci yang telah kamu pelajari. Karena rumus yang tersimpan di kepala sudah tercatat, jadi kamu tak perlu khawatir sehingga lebih fokus mengerjakan soal ujian.

  • Mengulang kembali materi yang sudah dipelajari

Jika kamu sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Kamu bisa membuat beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Bila kamu tidak bisa menjawab soal tersebut, kamu bisa minta tolong guru untuk menjawabnya. Jika belum puas kamu bisa cari referensi lain seperti, buku, atau internet.

  • Gemar membaca

Pernah mendengar pepatah lama? Buku adalah jendela dunia. Akan tetapi kalau kita sendiri tidak suka membaca sama saja, tidak ada artinya. Supaya kita bisa cepat mengerti, minimal kita baca materi minimal dua kali sehari, yakni sebelum dan sesudah materi diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal ingat terus pelajar yang sudah kita baca.

  • Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang cocok saat pikiran dan badan kita masih segar. Yakni pada pagi hari, waktu yang tepat untuk berkosentrasi. Gunakan waktu ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan di rumah.jangan dibiasakan belajar dengan SKS (sistem Kebut Semalam) karena tidak memberikan manfaat yang baik malah justru sebaliknya, membuat kita lelah. (***)


Baca Juga



Ada 2 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.214 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com