Admin Myindischool

headerBanner
Jadilah Teman Bicara yang Asik

Jadilah Teman Bicara yang Asik

IndiSchool - Mytips · Posted by Admin Myindischool


Kamis, 6 November 2014 16:50 WIB 19471 0 0

Salah satu kegiatan bersosialisai yang paling sering ditemui adalah ngobrol. Namun menjadi teman bicara yang asik belum tentu semua orang bisa. Mulai dari si tukang pamer, tukang ngoceh, hingga tukang membully secara verbal.

Tidak semua orang akan mudah cocok untuk bertukar cerita atau ngobrol dalam waktu lama. Sering kali jika tak merasa nyaman maka kita hanya menjadi pendengar saja.

Jadi, bagaimana sih biar kita bisa jadi teman bicara yang asik untuk teman atau sahabat kita?

1. Hindari detail pembicaraan yang tidak penting

Terkadang dalam sebuah perbincangan seru, kamu akan merasa terpojok terhadap pertanyaan-pertanyaan yang mendetail mengenai diri mu atau sebuah kasus. Jika kamu menganggap hal tersebut tidak penting untuk dibicarakan, kamu tidak harus menjelaskannya. Namun, jangan pernah mengalihkan perbincangan karena akan mengubah suasana komunikasi yang telah tercipta.

2. Jangan menanyakan pertanyaan lain jika pertanyaan sebelumnya belum selesai dijawab

Jika kamu menanyakan pertanyaan mengenai salah satu sisi kehidupan dari lawan bicara mu, jangan langsung loncat pada topik pembicaran lain mengenai diri mu sebelum hal tersebut terjawab. Selain akan membuat kamu terlihat egois, lawan bicara mu pun akan malas melanjutkan perbincangan dengan kamu.

3. Jangan memotong seseorang yang sedang berbicara

Ceritakan hal yang ingin kamu perbincangkan dengan jelas dan tidak bertele-tele, serta jangan pernah memotong lawan bicara. Dengan begitu kamu memberikan kesempatan pada lawan bicara mu untuk mengutarakan pendapatnya. Perbincangan seru dua arah pun akan mudah terbentuk.

4. Jangan bertentangan, khususnya jika hal tersebut tidak penting

Perbincangan tidak akan pernah luput dari hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut seseorang. Namun, jangan pernah ngotot jika hal tersebut tidaklah penting untuk dibicarakan.

5. Jangan menguasai perbincangan

Tanyakan pertanyaan untuk mengetahui kesamaan di antara kalian. Jangan pernah egois dalam sebuah perbincangan. Perbincangan dua arah antara kalian akan membuat perbincangan semakin seru, dan kamu pun akan menemukan banyak kesamaan dengan lawan berbicara mu.

6. Jangan selalu menjadi pahlawan dari setiap cerita

Bangunlah perbincangan yang seimbang. Jangan selalu bercerita tentang kamu, kehidupan mu, teman mu, dan apapun mengenai kamu.

7. Pilihlah topik sesuai keinginan bersama

Bacalah topik yang menarik untuk diperbincangkan dengan lawan bicara Anda. Jangan berbicara tentang politik jika Anda mengetahui lawan bicara Anda bukanlah orang politik.

8. Jadilah pendengar yang baik

Dengan menjadi pendengar yang baik, Anda dapat membangun topik-topik perbincangan yang seru dengan lawan bicara Anda.

9. Jangan terlalu membesar-besarkan cerita

Ceritakan sebuah cerita sesuai fakta yang ada. Gunakan nada bicara dan ekspresi yang sesuai unuk menggambarkan cerita tersebut.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.206 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com