Super Administrator

headerBanner
Ingin Kerja Sesuai Jurusan Kuliah? Perhatikan Ini!

Ingin Kerja Sesuai Jurusan Kuliah? Perhatikan Ini!

IndiSchool - Mytips · Posted by Super Administrator


Rabu, 18 April 2018 16:17 WIB 492 0 1

Ingin bekerja sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil nantinya? Jika iya, tentunya kamu harus mulai mencari tahu beragam ilmu yang diperlukan untuk menekuni pekerjaan yang diinginkan. Jika tidak, bukan tidak mungkin kamu akan bekerja di ranah yang berbeda dengan ilmu kuliah!

1. Fokuskan pada satu minat pekerjaan sejak SMA/SMK

Biasanya, minat seseorang terhadap suatu pekerjaan baru mulai terlihat kala dirinya duduk di bangku Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan. Namun, banyak juga siswa-siswi yang masih belum fokus ke dunia pekerjaan. Bahkan, tidak jarang diantara mereka yang menimba ilmu karena memenuhi keinginan orangtua.

Meskipun begitu, tidak jadi masalah. Di tingkat ini, kamu tinggal mencari tahu jurusan kuliah apa yang sekiranya bisa cocok dengan pekerjaan yang kamu ingingkan nantinya. Sebagai contoh, jika kamu ingin menjadi wartawan, bisa berkuliah di kampus yang memiliki jurusan jurnalistik. Jika ingin menjadi menjadi pengacara, tinggal mencari jurusan hukum, dll.

2. Pastikan ingin kerja atau kuliah

Setelah lulus SMA/SMK, pastikan apakah kamu ingin kuliah atau bekerja. Hal ini dilakukan agar dana dan waktu yang ada tidak terbuang sia-sia. Selain itu, langkah ini juga untuk mengamankan umur agar tetap berada di usia produktif saat melamar kerja.

3. Pilih kampus yang memiliki jurusan sesuai pekerjaan

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah, pastikan memilih kampus yang memiliki jurusan yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Jika sudah sesuai, matangkan ilmunya agar kelak lulus sarjana kamu memiliki ilmu yang dapat dieksplore di tempat kamu bekerja.

4. Ikuti Unit Kegiatan Mashasiswa (UKM)

Untuk menciptakan skill yang mumpuni saat bekerja nanti, sebaiknya kamu mengikuti UKM yang ada di kampus. Sudah banyak manfaat yang didapat dengan bergabung ke UKM, mulai menjalin silaturhami sesama teman dan antar angkatan, hingga memiliki keahlian tambahan menjadi sederet kelebihannya. Bahkan, banyak juga teman-teman kampus yang mendapatkan kerja yang sesuai minat dari bergabung di UKM.

5. Pilih dunia kerja yang sesuai minat

Pastikan tempat kamu melamar pekerjaan nantinya yang sesuai dengan minat. Pilihlah kantor yang secara keuangan mapan. Bisa dilihat dari lama berdirinya perusahaan, jumlah karyawan yang ada, banyaknya kantor cabang, atau paling mudah carilah yang sudah Tbk. alias terdaftar di bursa saham.

6. Jenjang karir yang bagus

Usahakan di bagian yang kamu tempati memiliki jenjang karir yang bagus. Bisa terlihat dari strukur perusahaan yang ada. Namun, jika dalam kurun 1-2 tahun tidak banyak mengalami perubahan, disarankan kamu pindah kerja.

Menjadi 'kutu loncat' bukanlah sebuah masalah selagi itu baik untuk karir kita. Lagipula, dengan sering berpindah kerja akan menambah pengalaman. Namun, jika sudah menempati posisi yang strategis di sebuah kantor, sebaiknya mulai mencari peluang investasi untuk masa depan.(idr/shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.868 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com