Admin Myindischool

headerBanner
Cara Tepat Mengatasi Sesak Nafas

Cara Tepat Mengatasi Sesak Nafas

IndiSchool - Mytips · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 6 Januari 2015 16:16 WIB 4990 0 1

Teman, bagi kamu yang memiliki kegiatan padat dan sibuk di sekolah, apakah kamu pernah merasakan sesak nafas? Tentu hal ini akan membuat aktivitas kita menjadi terhambat. Untuk mengurangi sesak nafas maka kita harus tahu cara mengobatinya.

Sesak nafas biasa terjadi karena kondisi lingkungan yang kurang baik, misalnya polusi udara. Selain itu, stress dan kecapekan maupun alergi juga bisa menyebabkan kita mengalami sesak nafas. Nah, untuk mengatasi sesak nafas yang bisa kamu lakukan seperti berikut ini.

  • Berbaring atau tiduran

Bila kamu mengalami sesak nafas mendadak, entah itu habis berolahraga, mengerjakan tugas, dll, cara yang efektif adalah dengan berbaring. Sebaiknya cari tempat yang enak dan nyaman lalu letakkan bantal di bawah kepala sebagai ganjalan. Posisikan dada lebih tinggi dari kepala. Cara ini membuat kamu bisa bernafas lebih lega. Ingat ya Teman, jangan bernafas dengan keadaan panik karena akan membuat kita jadi lebih sesak lagi.

  • Hirup udara segar

Bila terjadi sesak nafas cepat-cepat keluar dan cari udara segar. Kadang di ruangan kita sulit mendapatkan oksigen. Segeralah ke udara yang banyak maka kita bisa menghirup oksigen lebih banyak. Tarik nafas panjang lalu hembuskan perlahan-lahan agar sesak nafas tidak bertambah parah.

  • Longgarkan pakaian

Agar bernafas lebih lega, segera lepaskan pakaian yang kita gunakan seperti, celana, rok atau bra. Soalnya semakin banyak ikatan atau kaitan di tubuh kita, akan membuat kita sesak nafas.

  • Handuk basah

Jika kamu tiba-tiba merasakan sesak nafas dan membuat dada sakit, segeralah ambil handuk lalu basahi. Hirup handuk basah agar kamu bisa bernafas lega. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com