Admin Myindischool

headerBanner
Cara Mengatasi Malas Belajar

Cara Mengatasi Malas Belajar

IndiSchool - Mytips · Posted by Admin Myindischool


Selasa, 24 Februari 2015 14:55 WIB 3890 0 0

Ujian Nasional (UN) sebentar lagi, tapi kita masih malas buat belajar. Jangan gitu dong, Teman. Rasa malas harus dilawan. Agar nilai UN kita bagus maka kita harus memiliki sika disiplin yang tinggi. Jangan beri ruang rasa malas itu di dalam diri kita.

Bila kita melihat teman-teman yang sangat disiplin dan mampu mengatasai kebiasaan malas mereka, kita bisa menirunya. Kamu bisa mendekati teman-teman kamu yang rajin dan pintar agar kita terpengaruh untuk giat belajar.

Rasa malas merupakan salah satu bentuk perilaku dari suka menunda. Bila kita suka menunda-nunda itu artinya kita sudah akrab dengan sifat malas. Cara yang paling tepat untuk membentuk perilaku baru yang bisa membantu kamu memiliki rasa disiplin dalam diri untuk belajar.

  • Buat strategi belajar

Apa yang membuat kamu malas belajar? Entah itu karena tidak suka pelajarannya atau tidak mengerti. Bila kamu tidak mengerti pelajaran tersebut, kamu bisa belajar dengan teman yang pintar. Jangan malu bertanya bila kita ingin maju.

Strategi belajar adalah cara yang tepat untuk mengatasi kebiasaan malas belajar, entah itu disekolah atau dirumah. Misalnya menghapal, bila kita sulit menggunakan metode belajar yang biasa diajarkan di sekolah, kita bisa menggunakan cara lain.

  • Mengatur waktu belajar

Mengatur waktu belajar merupakan salah satu cara untuk mengusir rasa malas. Kamu bisa memulainya dengan menetapkan jadwal belajar rutin setiap harinya di rumah. Bila kita sudah menetapkan jadwal belajar dengan kegiatan di luar sekolah, maka kita harus patuhi jadwal yang sudah kita buat.

  • Prioritas belajar

Kamu perlu membuat prioritas dalam belajar. Cara ini dilakukan agar kita tidak keteteran dalam belajar, baik di sekolah atau pun di rumah. Membuat prioritas pada pelajaran yang kamu kurang kuasai, misalnya pelajaran matematika. Kamu bisa menambah materi pelajaran yang kurang itu tadinya 30 menit, karena tidak mengerti ditambah menjadi 1 jam.

Bila kamu tidak mengerti dengan pelajaran hitung-hitungan, kamu bsia bertanya kepada teman atau guru kamu disekolah. jangan pernah malu bertanya apalagi di dalam kelas. Dengan bertanya maka akan membuat pikiran kita lebih lama mengingat pertanyaan yang kamu ajukan. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com