nazlla anella

Last login time
21 Agustus 2019



headerBanner
Cara Jitu Atasi Rasa Malas Saat Mau Belajar

Cara Jitu Atasi Rasa Malas Saat Mau Belajar

IndiSchool - Mytips · Posted by nazlla anella


Kamis, 25 Juli 2019 9:52 WIB 30 0 0

Secara pribadi saya termasuk orang yang malas untuk belajar. Ya kalian tau bukan bagaimana ketika rasa malas itu datang? Itu benar benar membuat kita kehilangan waktu. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa malas itu? Disini saya akan berbagi sedikit tips untuk mengatasi masalah tersebut dan saya harap ini akan membantu kalian.

Oke..salah satu caranya yaitu kalian coba menulis "Goals" dan "Konsekuensi" kalian sendiri. Apa sih tujuannya? Yang pertama adalah Goals. Untuk apa kalian melakukan sesuatu jika tidak punya tujuan? Apa tujuan kalian belajar? Atau kalian bisa menulis goals kalian setiap minggu/bulan, ya goals yang berbeda dengan maksud yang sama. Misalnya goals minggu ini "jika aku bisa menghafal rumus matematika di minggu ini, aku boleh makan sepuasnya" ya seperti itu.

Lalu ada "konsekuensi". Konsekuensi jika kalian tidak belajar dan jika kalian belajar, kalian bisa tulis dan tempelkan di meja belajar kalian. Contohnya seperti ini "malas belajar= malu sama teman kelas, mengecewakan orang tua, dll" "belajar= bikin orang tua bangga karena mendapat nilai bagus, akan mendapatkan hadiah dari orang tua"

Tips belajar

Tips belajar dari saya adalah coba belajar sambil melakukan hal yang kalian suka atau coba belajar dengan hal yang berbeda. Misalnya kalian bisa merekam suara guru kalian saat sedang mengajar, lalu kalian dengarkan ketika kalian belajar dirumah. Atau mungkin jika kalian dirumah kalian bisa merekam suara kalian sendiri lalu kalian dengarkan di waktu senggang.

Tidak perlu dengan buku bukan? Ambil hal-hal yang sekiranya penting menurut kalian. Selanjutnya cara yang lainnya yaitu kalian bisa menulis hal hal penting di buku kalian atau di note. Akan lebih bagus lagi jika tulisan tersebut kalian kreasikan semenarik mungkin agar tidak bosan ketika kalian membacanya.

Misal kalian bisa memberi tulisan tersebut stabilo, menempelkan stiker di buku catatan tersebut, memberikan judul dengan tulisan yang menarik, dll.

Beberapa hal yang mungkin juga akan membantu kalian

1. Bedakan fakta dan konsep. Kedua hal tersebut tentu saja berbeda. Contohnya buku sosial, buku itu lebih banyak mengandung fakta jadi harus dihafal. Sedangkan buku matematika, buku itu lebih banyak mengandung konsep jadi harus dimengerti.

Misalnya jika rumus matematika kita malah hafalin, belum tentu kita bisa mengerjakan dengan konsep ini kalo sudah dimodifikasiin makanya harus paham.

Salah satu caranya dengan teknik feymen untuk mengetes kita udah paham atau belum. Caranya kita berpura-pura menjelaskan kepada orang lain dengan cara kita sendiri dengan cara ini kita bisa tau mana yang kita tidak bisa jelasin atau belum terlalu paham.

Jika untuk menghafal kita bisa pakai teknik rote memoritazion yaitu membaca berulang ulang materi sampai begitu hafal. Teknik ini bisa berhasil, tapi untuk beberapa orang ini lebih susah dan makan banyak waktu. Karena kadang ditengah-tengah proses penghafalan, kita merasa bosan dan menganggap sudah cukup ingat, padahal biasanya yang dibaca diulang-ulang itu baru sekedar dikenal belum nyampe tahap diingat.

2. Menggunakan metode SQ3R yaitu Survey, Question, Read, Recite, Review

Demikian tips dari saya semoga ini akan sedikit membantu untuk kalian semua yang malas... terima kasih.

Foto: charityideasblog.com


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.206 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com