Super Administrator

headerBanner
Anak Tidak Diterima di Sekolah Pilihan? Lakukan 3 Hal Ini!

Anak Tidak Diterima di Sekolah Pilihan? Lakukan 3 Hal Ini!

IndiSchool - Mytips · Posted by Super Administrator


Kamis, 5 Juli 2018 15:03 WIB 300 0 0

Bisa mengenyam pendidikan di sekolah favorit adalah impian semua siswa. Namun, tidak semuanya bisa mendapatkan kesempatan itu. Nah, bagi anak Anda yang tidak diterima di PPDB jalur lokal dan umum, jangan dibiarkan terlalu lama bersedih hati ya. Untuk itu, lakukan hal ini agar si buah hati tetap semangat menimba ilmu!

1. Tetap berikan semangat

Tegaskan kepadanya bahwa dimanapun sekolahnya, baik itu negeri ataupun swasta, memiliki keistimewaan tersendiri. Yang terpenting, rajinlah belajar untuk menggapai prestasi setinggi mungkin. Dukung terus apa yang dilakukan anak selagi dirinya mau belajar. Jangan sampai, si anak kehilangan semangat dalam menimba ilmu.

2. Ajarkan dirinya untuk belajar menerima kegagalan

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Ajarkan hal itu kepada anak sejak ia duduk dibangku sekolah agar dewasa nanti memiliki motivasi yang tinggi dan tidak mudah menyerah kala menghadapi kegagalan. Dengan demikian, anak akan memahami bahwa tak selamanya yang diinginkan itu bisa menjadi nyata.

Jadikan kegagalan ini sebagai media pembelajaran berharga kedepannya bagi anak untuk lebih mempersiapkan diri mencapai tujuan. Ada kegagalan yang harus dirasa dan diterima dengan lapang dada.

3. Ajak anak untuk mengenal sekolah barunya

Untuk menghilangkan rasa kecewa yang ada dalam diri si anak, ajak ia untuk mengenal sekolah barunya. Jelaskan kepadanya tentang beragam kelebihan sekolah barunya itu. Utarakan bahwa beragam fasilitas sekolah barunya itu tidak jauh berbeda dengan sekolah pilihannya. Jadi, tidak ada alasan untuk anak bermalas-malasan saat mengejar ilmu selama 3 tahun kedepan nantinya.

Namun, orangtua juga harus siap dengan keputusan anak tentang pilihan sekolah lain yang diajukan anak. Tetap dengarkan pertimbangan dan alasan kenapa anak memilih sekolah lain tersebut. Dan jika terjadi perbedaan keinginan, usahakan dikomunikasikan dengan baik-baik ya.

Tiga cara ini mungkin tidak akan langsung bisa melupakan kekecewaannya karena tidak diterima di sekolah pilihan. Namun, seiring berjalannya waktu, ia akan paham dengan sendirinya. (idr/foto: Banjarmasinpost.co.id)

Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.737 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com