indra gunawan

Last login time
22 April 2019



headerBanner
7 Cara Aman Anak Nikmati Youtube

7 Cara Aman Anak Nikmati Youtube

IndiSchool - Mytips · Posted by indra gunawan


Senin, 21 Januari 2019 14:45 WIB 213 0 0

Memanfaatkan Youtube untuk nonton beragam kategori video, memang telah banyak dilakukan warganet dengan sangat mudah. Mulai orangtua hingga anak-anak pun menjadi penggunanya. Mulai konten hiburan, edukasi hingga video yang tidak sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembang anak pun banyak dalam kanal yang dikelola oleh Google ini. Hal inilah yang memunculkan kekhawatiran para orangtua kepada anaknya.

Guna memfilter tontonan yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak, Google telah memperkenalkan YouTube Kids, aplikasi streaming video khusus anak. Semua videonya sudah disesuaikan dengan tontonan anak. Jika ada yang tidak sengaja terklik, video akan memunculkan notifikasi. Berikut fitur kontrol yang tersedia di YouTube Kids:

1. Kid Profiles

Agar tontonan sesuai dengan usia anak, para orangtua dapat membuat profil anak sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara ini, para orangtua dapat merekomendasikan video dan pengaturan yang berbeda-beda untuk anak, sesuai dengan kesukaannya.

2. Blocking
Pemblokiran ini akan terjadi secara otomatis ketika anak tidak sengaja mengklik video yang tidak sesuai dengan batas usianya. Fitur ini juga bisa menghapus semua pencarian link yang pernah dilakukan si anak. Orangtua dapat menyesuaikan konten yang ingin dilihat di YouTube Kids. Orangtua juga dapat melaporkan video yang dianggap tidak pantas di aplikasi YouTube Kids
3. Search Control
Kontrol pencarian ini disarankan untuk dimatikan agar si anak tidak dapat menemukan video yang dicarinya. Dengan begitu, anak hanya terbatas pada serangkaian saluran yang telah diverifikasi YouTube Kids. Dengan cara ini, video yang tersaji menjadi lebih terjamin.
4. Timer
Agar anak tidak lupa diri, aktifkan pengatur waktu sehingga mereka bisa membagi waktu antara menonton dengan belajar. Pengatur waktu akan menampilkan peringatan ramah dan menghentikan aplikasi saat sesi berakhir sehingga orangtua tidak perlu melakukannya sendiri.

5. Video Reporting

Jika menemukan tontonan yang sekiranya tidak sesuai dengan batasan usia anak, segera untuk melaporkan video tersebut ke tim YouTube Kids. Mereka akan melakukan tindakan pencegahan ekstensif untuk memastikan lingkungan ramah keluarga di aplikasi YouTube Kids. Dengan cara ini semua tontonan akan lebih terarah,sesuai dengan batasan usianya.

6. Watch History

Sebagai orangtua sudah seharusnya mengetahui apa saja yang dilakukan oleh anaknya. Begitupun saat si anak sedang menonton youtube. Link apa saja yang dituju kini bisa diketahui dengan menggunakan fitur ini. Jika dirasa tidak sesuai dengan umur, silahkan di blokir saja link youtube yang dimaksud.

7. Watch on TV

Jika tayangan yang disaksikan dirasa kurang lebar, gunakan saja fitur 'Watch on TV' di YouTube Kids, dan tonton tayangan-tayangan yang bermanfaat dan bereduksi di channel TV tertentu yang sudah kamu pilih. Dijamin, suasana menonton akan menjadi lebih berkesan.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.088 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com