nazlla anella

Last login time
2 September 2019



headerBanner
5 Tips Cerdas Belajar Tanpa Perlu Ikut Bimbel

5 Tips Cerdas Belajar Tanpa Perlu Ikut Bimbel

IndiSchool - Mytips · Posted by nazlla anella


Senin, 12 Agustus 2019 15:05 WIB 321 0 0

Sejak dulu tentu saja istilah bimbel (bimbingan belajar) sudah cukup populer dikalangan remaja baik dari sekolah sampai sekolah menengah atas. Dan bahkan di era digital masa kini, bimbel mulai merambah kea rah teknologi virtual yang memungkinkan siswa belajar memungkinkan siswa belajar menggunakan teknologi.

Banyak sekali aspek yang membuat siswa merasa kesulitan mengikuti progam bimbel, dari mulai aspek ekonomi hingga teknologi. Belajar tentu akan lebih mudah jika kita menemukan metode yang tepat dan bahkan tanpa bimbel. Lalu apa saja tips cerdas belajar tanpa bimbel?? Berikut tipsnya.

1. Keyakinan dan niat yang kuat

Hal pertama yang harus dimiliki yaitu niat serta keyakinan yang kuat untuk mencapai hasil terbaik dalam belajar. Tanpa niat, segala sesuatu akan sia-sia dan tidak berjalan secara maksimal

Oleh sebab itu, pastikan bahwa kita memiliki keyakinan dan niat yang kuat untuk mendapatkan hasil terbaik melalui pembelajaran mandiri walaupun tanpa bimbingan apapun dari luar.

2. Pembagian waktu yang tepat dan sesuai

Kegagalan yang sering terjadi oleh banyak orang yaitu kesalahan dalam membagi waktu untuk belajar. Satu hal yang sering sekali menjadi kunci keberhasilan dalam belajar yaitu, menemukan cara terbaik dalam membagi waktu.

Buatlah perencanaan belajar yang sesuai, pastikan bahwa kamu memiliki jadwal belajar yang cukup dan tepat karena terkadang terlalu keras belajar hingga mengambil banyak waktu juga tidak baik. Maka, kamulah yang harus mengetahui pembagian waktu atas aktivitas dirimu sendiri.

3. Tentukan metode belajar yang cocok

Setiap orang memiliki kemampuan menyerap ilmu dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang lebih tertarik untuk belajar melalui visual, audio, audio-visual, dan beberapa metode pembelajaran lainnya. Inilah yang dapat kamu lakukan yaitu dengan memilih metode yang tepat sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri dapat tercapai dengan muda.

4. Diskusi menjadi salah satu pilihan menarik

Kata siapa belajar hanya dapat dilakukan seorang diri ataupun didalam kelas saja? Faktanya, kamu juga bisa kok berdiskusi dengan teman-teman lain untuk membahas mengenai suatu hal yang telah kalian pelajari.

Hal ini biasanya akan lebih menarik karena kita memiliki banyak pandangan serta dari berbagai perspektif yang berbeda. Boleh dicoba kan?

5. Memanfaatkan teknologi

Kita dapat memanfaatkan teknologi sebagai media yang mudah serta gratis untuk megakses banyak hal yang berhubungan dengan pembelajaran tentunya akan lebih praktis.

Foto: Otoritasnews.co.id

Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com