Super Administrator

headerBanner
5 Hal Yang Harus Disiapkan Saat Anak Masuk Sekolah

5 Hal Yang Harus Disiapkan Saat Anak Masuk Sekolah

IndiSchool - Mytips · Posted by Super Administrator


Senin, 9 Juli 2018 13:59 WIB 532 0 0

Setelah libur cukup lama, akhirnya ajaran baru sekolah di Indonesia akan segera tiba. Beragam persiapan turut dilakukan oleh orangtua agar si buah hati bisa menyesuaikan diri di lingkungan belajarnya yang baru. Ini dia persiapannya!

1. Kenalkan dengan sekolah barunya

Agar si anak dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya, usahakan untuk mengajaknya berkunjung ke sekolah barunya sebelum jadwal masuk sekolah berlangsung. Bisa seminggu sebelumnya atau sehari sebelumnya. Agar lebih familiar, kenalakan dirinya ke berbagai fasilitas yang tersedia. Mulai ruang kelas tempatnya menimba ilmu, kantin, perpustakaan, lapangan olahraga, hingga taman bermain.

2. Menyediakan perlengkapan sekolah

Mulai dari seragam sekolah, alat tulis, buku, sepatu, tas sudah menjadi kebutuhan yang harus disiapkan dari jauh-jauh hari. Belilah lebih dari satu untuk setiap barangnya sebagai persiapan cadangan. Carilah barang yang berkualitas agar tahan lama atau tidak cepat habis sehingga bisa menghemat pengeluaran rumah tangga.

3. Tanamkan keberanian dan rasa percaya diri pada anak

Ajarkan anak untuk mulai berani berada di luar lingkungan agar lebih percaya diri dimanapun dirinya berada. Ajarkan juga dirinya agar berani bertanya jika ada hal yang tidak diketahuinya, terutama saat proses belajar mengajar berlangsung nantinya. Dengan cara ini diharapkan rasa percaya diri akan terbentuk dengan sendirinya. Hal ini sangat bagus untuk perkembangan psikologis anak kedepannya.

4. Siapkan bekal yang cukup untuk di sekolah barunya

Jangan lupa untuk memberikannya bekal, baik uang jajan atau membawakannya ompreng makanan agar lebih terjaga kehigienisannya. Jangan lupa untuk mengajarkannya menabung agar bisa menjadi orang yang hemat kelak dewasa nanti.

5. Mengantar anak ke sekolah barunya

Di hari pertama masuk sekolah, usahakan para orangtua bisa mengantar anaknya hingga ke dalam kelas. Ajarkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berada di sekolah yang baru. Temani dirinya terlebih dahulu hingga si anak merasa berani berada di lingkungan barunya. Jangan ditinggal bila si anak belum percaya diri di tempat menimba ilmunya yang baru. Sudahi proses mengantar jika dirasa si anak sudah nyaman berada di sekolah barunya.(Idr/Foto:net)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.860 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com