Super Administrator

headerBanner
5 Cara Jitu Menghafal Pelajaran Dengan Mudah

5 Cara Jitu Menghafal Pelajaran Dengan Mudah

IndiSchool - Mytips · Posted by Super Administrator


Senin, 25 Juni 2018 10:41 WIB 544 0 0

Susah mengingat materi pelajaran yang disampaikan guru saat proses belajar di dalam kelas? Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi karena ada cara jitu yang bisa memudahkan kamu menghafalnya sehingga ujian atau ulangan berjalan lancar.

1. Tulis tangan kembali materi pelajaran yang diberikan guru saat di dalam kelas

Para peneliti dari Washington University menjelaskan, pelajar yang mencatat dengan cara tulis tangan ternyata lebih mudah mengingat pelajaran lebih lama. Karena, dengan menulis membuat otak lebih mudah merekam materi yang telah ditulis. Bahkan, dengan menulis, seseorang akan membaca tulisannya lebih lama secara otomatis.

Sementara itu, Psikolog pendidikan dari University of Nebraska, Kenneth Kiewra juga menegaskan bahwa menulis membuat fungsi otak akan lebih tajam dalam hal mengingat dan memahami suatu pelajaran.

2. Membuat poin-poin yang mudah diingat dan bacalah berulang kali

Untuk memudahkan kamu mengingatnya, silahkan buat poin-poin dengan bahasa kamu sendiri. Tulis disecarik kertas kecil, dan bawalah kemanapun kamu pergi. Jika sedang ada waktu luang, bacalah berulang kali. Dijamin, kamu akan dengan cepat dan mudah mengingatnya.

3. Belajar kelompok bersama teman

Belajar kelompok menjadi salah satu cara yang efektif untuk memudahkan kamu menghafal pelajaran yang telah diberikan saat di sekolah. Metode ini telah ampuh dilakukan secara turun temurun oleh peserta didik sejak dahulu hingga saat ini.

4. Buatlah pertanyaan terkait pelajaran yang ada di buku catatan. Mintalah orang terdekat kamu untuk menanyakannya secara acak

Manfaatkan orang-orang terdekat kamu untuk bisa mendapatkan pertanyaan seputar materi pelajaran yang telah kamu hafalkan. Usahakan pertanyaan yang dilontarkan jangan melebar keluar dari pelajaran yang telah kamu pelajari.

5. Istirahatkan otak kamu dengan tidur yang cukup

Agar tubuh menjadi bugar dan otak kembali fresh, pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Mulai dari pikiran yang harus ditenangkan, badan yang direbahkan menjadi cara-cara sederhana untuk mengoptimalkan kembali pikiran.

Setelah semua ini dilakukan, dijamin, materi pelajaran yang telah dihafalkan akan kembali teringat dengan sendirinya. Dengan begitu, ujian ataupun ulangan yang akan dihadapi akan dengan mudah dihadapi. Cobain yuk! (Idr/Foto: isigood.com)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.866 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com