Admin Myindischool

headerBanner
5 Cara Jitu Mengendalikan Emosi

5 Cara Jitu Mengendalikan Emosi

IndiSchool - Mytips · Posted by Admin Myindischool


Senin, 2 Juni 2014 16:18 WIB 3193 0 4

Pernahkah kamu marah ketika barang kesayangan kamu hilang atau dirusak oleh temanmu sendiri? Apakah tekanan darah kamu langsung memuncak ketika teman menjatuhkan barang kesayanganmu? Sebenarnya mengekpresikan emosi adalah hal normal dan cara sehat untuk melepaskan perasaan terpendam, tapi ingat ya harus dilakukan dengan cara yang positif. Kemarahan negatif dapat membawa dampak yang tak baik bagi kesehatan dan dapat memperburuk hubungan antara kamu dan teman. Untuk menghindari kemarahan ada baiknya kamu melakukan ini.

  • Olahraga

Ternyata dengan kita rajin olahraga bisa mengurangi rasa emosi lho, Teman. Bila emosi kamu meningkat, cobalah berolahraga, misalnya dengan berjalan kaki, lari, atau kegiatan favorit kamu yang menguras fisik. Aktivitas fisik bisa menstimulasi zat-zat kimia dalam otak yang membuat Anda lebih bahagia dan rileks dibanding sebelum melakukan kegiatan tersebut.

  • Banyak minum

Banyak minum air putih sangat membantu mengurangi emosi kita yang meledak-ledak. Lakukan secara perlahan agar kerja tubuh menjadi lebih stabil. Air putih bermanfaat untuk memasukkan kandungan oksigen serta membuat jantung bekerja lebih tenang.

  • Cari solusi

Untuk mengatasi emosi adalah dengan mencari solusi agar masalah tak berlarut. Bila barang kesayanganmu rusak karena ulah teman kamu, kamu bisa memperbaikinya kembali. Jika temanmu menyontek kertas ujian kamu, kamu bisa menegurnya. Selalu ingatkan diri kamu, bahwa emosi tidak bisa memperbaiki masalah. Sebaliknya, justru memperburuk keadaan.

  • Tidur

Cara ini bagus banget untuk dilakukan apalagi saat emosi kamu sedang memuncak. Saat emosi, jantung bekerja lebih cepat dan otot menjadi lebih tegang. Dengan tidur, kita jadi mengistirahatkan otot-otot yang tegang serta menormalkan kerja jantung. Saat bangun nanti pikiran kita menjadi lebih tenang dan jernih.

  • Humor

Humor ternyata bisa mengurangi ketegangan dan mengembalikan suasan menjadi lebih segar, jangan gunakan kata kasar, karena dapat memperburuk masalah. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com