Admin Myindischool

headerBanner
 Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Meningkatkan Konsentrasi Belajar

IndiSchool - Mytips · Posted by Admin Myindischool


Senin, 13 April 2015 16:44 WIB 3063 2 2

Teman, apakah kamu suka ngeblank saat belajar? Ketika mengerjakan tugas atau belajar karena ada ujian, terkadang sulit sekali untuk konsentrasi. Tentu hal ini akan menyebalkan bagi terutama Ujian Nasional sekarang ini. Ada saja yang mengganggu pikiran kita, sehingga kita tidak bisa konsentrasi untuk belajar.

Lalu bagaimana cara meningkatkan konsentrasi belajar? Berikut yang bisa kamu lakukan.

? Istirahat yang cukup

Saat tubuh kita lelah, sebaiknya jangan paksakan untuk terus membuka buku untuk melanjurkan belajar. Biarkan tubuh untuk istirahat yang cukup, karena bila dipaksakan justru tidak akan optimal. Misalnya, ketika kita baru sekolah setelah habis ujian, biasakan luangkan waktu untuk tidur siang yang cukup. Cara ini akan membuat otak dan fisik kembali segar.

Selain itu, atur juga waktu tidur malam hari, jangan sampai kita tidur terlalu larut. Pola tidur yang tidak teratur dan tidak cukup malam, akan berpengaruh pada daya konsentrasi kita di pagi hari.

  • Jaga kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh itu sangat penting, Teman apalagi saat Ujian Nasional (UN) sedang berlangsung. Karena itu, agar tubuh tidak sakita sebaiknya konsumsi makanan sehat maka konsentrasimu akan lancar. Jangan memforsir tubuh dan rajin berolahraga minimal jogging. Dengan tubuh sehat dan bugar, maka kita bisa konsentrasi belajar.

  • Hindari bermain games terlalu lama

Handphone atau games lainnya bisa membuat konsentrasi kita berkurang. Hindari benda-benda yang dapat mengganggu konsentrasi belajar kita. Seperti handphone, saat belajar sebaiknya ditaruh di lemari dan bila sudah selesai belajar kamu baru bisa memainkannya. Dengan begitu maka konsentrasi belajar kita meningkat.

  • Kondisikan posisi belajar

Selain waktu istirahat, posisi belajar juga mempengaruhi kamu pada tingkat konsentrasi saat belajar. hindari belajar dalam posisi tidur, sambil ngobrol atau dengan TV. Cobalah cari tempat belajar dengan suasana tenang agar kita bisa konsentrasi belajar. (***)


Baca Juga



Ada 2 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.121 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com