Super Administrator

headerBanner
Yuk, Unduh Kisi-kisi Soal HOTS UN dan USBN SMP 2018!

Yuk, Unduh Kisi-kisi Soal HOTS UN dan USBN SMP 2018!

IndiSchool - Myschool · Posted by Super Administrator


Senin, 23 April 2018 10:25 WIB 4106 0 0

Mulai hari ini, Senin, 23 April 2018 hingga tiga hari kedepan, Ujian Nasional (UN) tingkat SMP resmi digelar. Dalam pelaksanaannya, Kemendikbud memastikan akan menggunakan jenis soal HOTS (higher order thinking skills). Lalu, apa itu HOTS? Berikut kisi-kisinya!

HOTS menurut Adi Saputra, M.Pd adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakonitif dan berpikir kreatif yang merupakan berpikir tingkat tinggi. Jadi yang dimaksud dengan soal HOTS adalah soal yang dapat dijawab melalui berpikir tingkat tinggi.

Untuk level SMP, soal HOTS yang digunakan tentunya berbeda dengan tingkat SMA. Semua disesuaikan dengan kemampuan berpikir para siswa agar mereka dapat menjawabnya dengan sempurna.

Guna memberikan kemudahan dalam menjawabnya, melalui akun resmi instagram @kemdikbud.ri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebenarnya telah memberikan kisi-kisi soal untuk UN dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Bahkan, hal ini telah disosialisasikan agar para siswa SMP dapat mengetahuinya dan mempelajarinya.

c-14095746_1154973374573867_806005960649

Adapun kisi-kisi tersebut diberikan melalui laman resmi UN dan USBN Kemendikbud di http://un.kemdikbud.go.id/.

Kisi-kisi UN: https://drive.google.com/drive/folders/0B0VqzZFkfQpjeFZiWHRkODNhWXM

KISI KISI USBN: https://drive.google.com/drive/folders/1t1yd-DCMbJuP_K-awrzBsHECCVn11WhS

Sebagai informasi, kisi-kisi USBN yang diberikan meliputi mata pelajaran: Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS.

Lebih lanjut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy memastikan bahwa soal-soal HOTS seperti itu akan menjadi standar pelaksanaan UN hingga 2025, sehingga mampu mendeteksi kemampuan siswa.

Kemendikbud menyampaikan soal UN SMP nanti merupakan kombinasi soal dengan tingkat kesulitan beragam mulai dari mudah, sedang dan sulit. Bahkan, soal UN akan menggunakan kombinasi atau irisan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013.

Bedasarkan akun resmi un.kemdikbud.go.id, sebanyak 28.647 sekolah tingkat SMP/MTs akan menjadi sekolah pelaksana UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Untuk jumlah peserta UN tahun ini, akan ada 2.004.947 siswa tingkat SMP dan 689.573 MTs.

(Idr/Foto: Dok. Balitbang Kemendikbud. Caption : Suasana UN Perbaikan di Provinsi Kalimantan Selatan, Gorontalo, Jawa Barat, Maluku Utara)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com