Admin Myindischool

headerBanner
Siapkan 5 hal ini Dari Sekarang, Kalau Kamu Mau Kuliah Di Luar Negeri

Siapkan 5 hal ini Dari Sekarang, Kalau Kamu Mau Kuliah Di Luar Negeri

IndiSchool - Myschool · Posted by Admin Myindischool


Kamis, 28 September 2017 9:00 WIB 1468 0 1

Keputusan kamu untuk kuliah di luar negeri bukan sesuatu yang bisa kamu lakukan secara instan. Butuh persiapan yang matang, karena persiapan nya membutuhkan proses dan akan memakan waktu yang panjang. Supaya kamu bias berkuliah di universitas impian di negara tujuan (setelah mengantongi izin ortu pastinya), kamu harus memiliki komitmen yang kuat untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin dari sekarang. Terus apa aja sih yang harus di siapkan? Ini dia!

1. Memilih negara tujuan, jurusan, dan universitas yang kamu inginkan

Perbanyak cari tahu soal negara tujuan kamu, mulai dari biaya hidup, adat dan kebudayaan, sampai tempat-tempat penting dan makanannya dari berbagai sumber terpercaya yang bisa kamu temui. Kamu bisa browsing dari internet, bertanya kepada senior, atau bahkan datang langsung ke kedutaan negara tersebut. kamu juga harus paham benar alasan kenapa kamu memilih negara tersebut agar tidak menyesal di kemudian hari.

Cocokkan minat dan bakat kamu dengan jurusan apa yang akan kamu ambil. Pastikan universitas tujuan kamu memiliki sarana dan prasana yang maksimal untuk menunjang studi kamu. kalau ternyata sama aja atau bahkan nggak lebih baik dari kuliah di dalam negeri,buat apa kamu repot-repot mengurus persiapan untuk berkuliah di luar Negeri?

2. Dokumen perjalanan

Dokumen perjalanan yang paling penting untuk di persiapkan adalah paspor dan visa pelajar. Untuk berjaga-jaga, fotokopilah semua dokumen pelajar asli kamu dan simpan di tempat yang aman. Karena paspor dan visa pelajar nggak bisa didapatkan secara instan, ada baiknya kalau kamu mengurus kedua dokumen ini segera setelah kamu memutuskan untuk berkuliah di luar negeri.

3. Dokumen Akademis

Dokumen akademis pertama yang paling penting untuk kamu persiapkan adalah transkrip nilai yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dan disahkan oleh pihak yang berwenang. Ada juga institusi yang mensyaratkan dokumen bukti bahwa kamu sudah menyelesaikan pendidikan dasar selama 12 tahun atau setara dari negara asal

Kedua, Personal statement atau statement of purpose adalah surat pernyataan untuk meyakinkan universitas kenapa mereka harus menerima kamu sebagai mahasiswa mereka. Kamu harus bisa menuangkan kesan positif yang kamu miliki ke dalamnya. Berikan alasan kenapa kamu tertarik kuliah di jurusan spesifik di universitas tersebut.

Ketiga, ecommendation letter adalah rekomendasi fisik yang sering diminta oleh universitas tujuan, yaitu berupa surat dari orang yang berkualifikasi seperti guru sekolah atau guidance counsellor.

4. Kemampuan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang mumpuni. Jadi, mau kuliah di Negara manapun minimal kamu harus menguasai bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa Inggris yang paling dasar dan harus kamu kuasai untuk dapat berinteraksi di kehidupan sehari-hari adalah kemampuan berkomunikasi lansung, yaitu berbicara (speaking) dan mendengarkan (listening). Biasakanlah diri kamu untuk berkomunikasi langsung menggunakan Bahasa Inggris sejak dini, agar sesampainya disana kamu nggak canggung dan gelagapan.

Ikuti tes kemampuan Bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS sesuai dengan universitas dan negara yang mempersyaratkan jenis tes yang dibutuhkan. kamu dapat mengikuti kursus persiapan tes atau belajar secara otodidak menggunakan contoh soal dari situs internet dan buku-buku panduan.

5. Kesehatan fisik dan mental

Selama mempersiapkan persyaratan untuk belajar di luar Negeri selain belajar kamu juga jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan fisik dan mental kamu ya. Rajin berolah raga, makan yang teratur dan istirahat yang cukup. Agar kamu lebih tenang, segera daftarkan diri ke program asuransi untuk pelajar. Jangan lupa untuk lakukan medical check-up sebelum keberangkatan, dan meminta surat bebas penyakit sebagai salah satu syarat berkuliah ke luar Negeri.

Mental yang kuat juga akan sangat membantu kamu untuk bisa survive di sana. Biasakan hidup mandiri, tidak banyak mengeluh, dan membuka diri untuk mencoba hal-hal baru. jangan sampai kamu terlalu capek dan stres duluan gara-gara terlalu memaksakan diri mempersiapkan hal-hal ini ya teman. Asalkan semua dilakukan dengan benar dan nggak terburu-buru, semua pasti bisa selesai tepat waktu dan aman sampai tujuan, kok teman!

waktu ideal untuk kamu memulai mempersiapkan segala sesuatunya adalah minimal 18 bulan sebelum tenggat waktu pendaftaran. So, semangat ya teman!


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com