indra gunawan

Last login time
12 November 2018



headerBanner
Pentingnya Pendidikan Vokasi

Pentingnya Pendidikan Vokasi

IndiSchool - Myschool · Posted by indra gunawan


Senin, 5 November 2018 10:41 WIB 127 0 0

Setiap pelajar lulusan SMA/SMK yang ingin langsung bekerja tentunya harus memiliki keahlian khusus agar berkualitas dan dapat bersaing dengan individu lainnya. Keahlian khusus inilah yang tentunya didapatkan lewat sebuah Pendidikan bernama vokasi.

Pendidikan vokasi merupakan program pendidikan kepada siswa-siswi atau mahasiswa agar memiliki keahlian khusus di bidang yang ditekuninya sehingga kedepannya bisa menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia internasional.

Berdasarkan data yang dilansir dari Badan Pusat Statistik, tahun 2015, terdapat 12.421 sekolah vokasi atau sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia. Sedangkan untuk jumlah perguruan tinggi, Indonesia memiliki 4.529 perguruan tinggi dan 5,4 persennya berbentuk perguruan tinggi vokasi/politeknik. Data ini didapat dari kelembagaan.ristekdikti.go.id, seperti yang dikutip dari cnnindonesia.com.

Dengan jumlah diatas, setiap tahunnya, Indonesia menghasilkan 3,3 juta lulusan sekolah vokasi dan perguruan tinggi hanya mampu menyerap sekitar 1,7 juta orang, sehingga ada 1,6 juta yang harus diserap menjadi pekerja di berbagai instansi.

Lebih lanjut, berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) melalui data Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2017, tingkat pengangguran terbuka turun 0,11 poin, dari 5,61 persen pada realisasi tahun 2016 menjadi 5,50 persen pada realisasi tahun 2017. Dan jika dilihat dari tingkat pendidikannya, SMK memberikan andil pengangguran paling besar, 11,41 persen dibanding tingkat pendidikan setara lainnya.

Untuk merubah hal itu, tentunya diperlukan revitalisasi. Mulai dari sistem pengajaran, materi ilmu yang disampaikan, para pengajar berkualitas hingga beragam fasilitas harus disediakan guna mencipatkan tenaga kerja yang mumpuni di kemudian hari.

Dengan demikian, dengan adanya pendidikan vokasi, diharapkan Indonesia dapat mewujudkan untuk menjadi negara ekonomi terbesar ke tujuh dunia di 2030. Oleh karena itu, Indonesia harus memiliki 113 juta tenaga kerja terampil.

Lalu, apa saja sebenarnya kelebihan pendidikan vokasi itu? Setidaknya ada 2 keunggulan yang dapat dirasakan oleh mereka yang mengenyam pendidikan vokasi. Pertama, lebih mengedepankan keahlian praktikal yang artinya lebih besar peluangnya diterima bekerja karena memiliki keahlian tertentu yang dibutuhkan perusahaan.

Kedua, banyak pilihan program yang ditawarkan oleh institusi, artinya peluang untuk mengambil program yang sesuai minat masih terbuka lebar kesempatannya.

Jadi, jangan ragu untuk mengambil pendidikan vokasi jika memang benar-benar berminat ya!

Foto : dok. itjen.kemdikbud.go.id


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.832 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com