indra gunawan

Last login time
17 Januari 2019



headerBanner
Pentingnya PAUD dan Pendidikan Keluarga di Era Teknologi

Pentingnya PAUD dan Pendidikan Keluarga di Era Teknologi

IndiSchool - Myschool · Posted by indra gunawan


Senin, 10 Desember 2018 16:12 WIB 195 0 0

Di era teknologi seperti saat ini, sudah menjadi kewajiban para orangtua untuk membekali buah hati dengan ilmu pengetahuan dan karakter yang sesuai dengan perkembangan zaman agar dewasa nanti memiliki perkembangan dan perilaku bersaing dengan generasi melek teknologi lainnya. Salah satunya melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tidak lepas dari pendidikan keluarga.

Menteri Pendidikan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menjelaskan, PAUD pertama sekali merupakan tanggung jawab keluarga. Jadi jangan sampai ketika dibangun PAUD, keluarga merasa bebas karena PAUD ini hanya untuk menopang fungsi peranan keluarga. Oleh karena itu, sebenarnya pendidikan terhadap orang tua di PAUD itu sangat penting.

"Kalau bisa 10 persen pertemuan di PAUD untuk orang tua dari siswa yang belajar di PAUD agar mereka bisa merawat dan menanamkan nilai kepada anaknya ketika anak berada di lingkungan keluarga sehari-hari," jelas Mendikbud, saat membuka Dialog Kebijakan PAUD dan Pendidikan Keluarga, di Bandung, seperti yang dilansir melalui keterangan resminya.

Menurut Mendikbud, ada 3 taksonomi di bidang pendidikan, yakni informal, formal, dan nonformal. Dilihat dari sasarannya ada afektif, kognitif, dan psiko motorik. Sedangkan dari lingkungan, terbagi atas keluarga, sekolah, dan masyarakat. "Tiga dimensi ini saling beririsan. Walaupun secara konseptual bisa dipilah tetapi di dalam praktiknya saling beririsan dan tetap memiliki titik tekan, misalnya untuk pendidikan informal, lebih banyak berlaku di lingkungan keluarga. Dan yang menjadi pesan dalam pendidikan informal adalah penanaman nilai. Oleh karena itu, keluarga memiliki tanggung jawab menyelenggarakan pendidikan untuk menanamkan nilai," paparnya.

Pendidikan formal menurut Mendikbud, merupakan domain sekolah, yang menanamkan aspek kognitif (pengetahuan). Sedangkan pendidikan nonformal merupakan domain masyarakat yang menekankan pada psiko motorik.

"Jadi sekolah sebenarnya juga terlalu berat apabila dibebani untuk menanamkan nilai karena lebih untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman-pengalaman dasar. Sedangkan kalau di masyarakat, bentuk pendidikan yang bagus adalah bentuk-bentuk keterampilan, kursus-kursus," pungkasnya.

Foto: paud.kemdikbud.go.id


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.912 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com