indra gunawan

Last login time
19 Oktober 2018



headerBanner
Pentingnya Mengapa Anak Harus Masuk SD Usia 7 Tahun

Pentingnya Mengapa Anak Harus Masuk SD Usia 7 Tahun

IndiSchool - Myschool · Posted by indra gunawan


Senin, 23 Juli 2018 11:57 WIB 568 0 0

Banyak orangtua yang menginginkan anaknya masuk Sekolah Dasar (SD) di bawah 7 tahun. Padahal, di rentang usia itu, anak masih dalam tahap pengembangan keterampilan sosial dan motorik atau gerak. Disarankan usia 7 tahun, atau minimal 6 tahun menjadi usia tepat anak masuk SD, meskipun sudah bisa membaca dan menghitung. Ini alasannya seperti yang dikutip dari Sahabat Keluarga Kemdikbud!

1. Aspek Fisik

Ketika anak masih berada di usia bawah 6 tahun, sifat bermainnya masih sangat besar dibandingkan mereka harus belajar. Untuk itu, anak dianggap paling siap fisiknya untuk menimba ilmu berlama-lama ketika berada di usia 7 tahun. Selain itu, di usia ini, anak juga sudah memiliki gerakan motoric yang lebih bagus yang dikolaborasikan dengan otot dan saraf yang sudah terbentuk, seperti anak yang sudah bisa menulis sendiri tanpa bantuan orang lain.

2. Aspek Psikologis

Jika anak masih terlalu belia masuk SD, dikhawatirkan dirinya belum siap untuk belajar berkonsentrasi karena dirinya masih fokus mengembangkan keteram-pilan geraknya, walaupun secara kemampuan intelektual sudah bisa menyelesaikan soal yang diberikan guru.

Untuk itu, dijelaskan dalam teori perkembangan, anak mulai bisa berkonsentrasi dengan baik pada usia di atas 6 tahun. Semakin bertambah usianya, kemampuan konsentrasi meningkat, semakin mampu memilah materi mana yang harus diperhatikan dan diselesaikan.

3. Aspek Kognitif

Bisa membaca, menulis, berhitung sederhana menjadi modal anak untuk tepat masuk SD. Namun, tidak sedikit juga yang baru memulainya saat di kelas dasar ini. Bahkan, melalui proses yang benar-benar dari awal ini anak diharapkan akan lebih unggul dalam memahami dan mengikuti instruksi yang diberikan. Jadi, jangan khawatir ketinggalan ilmunya ya!

4. Aspek Emosi

Meskipun secara akademik, anak dibawah 7 tahun sudah cukup matang menerima pembelajaran, sayanganya belum cukup maksimal tingkat emosionalnya. Dikhawatirkan, anak mudah menyerah terhadap tugas yang diberikan atau tidak mau mengerjakan PR karena masih lebih suka bermain.

Jadi, jangan paksakan kehendak orangtua untuk memasukan buah hati ke SD jika dirasa si anak masih terlihat belum siap. Ini untuk kebaikan dan keberhasilan si anak juga kedepannya, loh! (Foto: suratkabar.id)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.788 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com