Admin Myindischool

headerBanner
Ngga level  ketiduran di kelas? Yuk usir rasa kantuk lewat cara ini!

Ngga level ketiduran di kelas? Yuk usir rasa kantuk lewat cara ini!

IndiSchool - Myschool · Posted by Admin Myindischool


Kamis, 30 November 2017 14:35 WIB 465 0 1

Rasa kantuk adalah kondisi dimana seseorang merasa ingin tidur. Kantuk menjadi hal biasa yang pasti dialami setiap orang dan makhluk hidup lainnya. Bahkan rasa kantuk bisa saja terjadi pada waktu yang tidak tepat. Misalnya saja, saat bekerja, berkendara, hingga belajar di kelas. Tentu ini akan mengganggu aktivitas kamu kan? Biasanya saat kantuk melanda, kamu pasti berusaha untuk menghilangkan rasa kantuk. Nah, beberapa tips ini bisa kamu lakukan untuk mengusir kantuk saat di kelas, lho!

1. Duduk Paling Depan

Perjuangan pelajar untuk mendapatkan ilmu memang banyak cobaan. Suasana kelas yang nyaman dengan pendingin ruangan plus suara guru seolah mendongeng menjadi penggantar tidur pas. Eits, alih-alih ingin tidur di kelas malahan kamu kena marah ataupun terpergok tertidur justru membuat malu bukan? Kebiasaan itu perlu kamu hindari dan ngga layak dicontoh, ya!

Untuk mencegah hal ini, kamu bisa memilih tempat duduk di barisan paling depan. Mengapa demikian? Duduk di barisan depan ini membuat kamu lebih fokus dan terpaksa memperhatikan materi yang diterangkan guru. Selain itu, kamu juga jadi yang paling kelihatan tentu kamu tidak enakan kalau tertidur ataupun ngobrol dengan teman.

2. Sedia Permen Mint

Ini dia si penyelamat saat kantuk melanda, jangan lupa untuk menyediakan permen mint di saku ya! Saat mengantuk, biasanya konsentrasi akan menurun sangat drastis. Permen mint yang memiliki rasa segar ini akan membuat mood-mu menjadi lebih baik.Aroma dan rasanya yang khas juga membantu meminimalisir rasa kantuk. Dengan demikian, kamu bisa lebih fokus saat menerima pelajaran di kelas.

3. Basuh Muka

Jika rasa kantukmu benar-benar tak tertahankan lagi dan nyaris tertidur. Langsung saja kamu meminta izin ke gurumu untuk ke toilet. Kamu bisa membasuh muka untuk menghilangkan rasa kantukmu. Dengan membasuh muka akan membantu mengembalikan kesegaran wajahmu. Kamu jadi lebih fresh deh!

4. Posisi Duduk

Kepergok tertidur di kelas membuat malu, belum lagi kena marah dari guru hingga nilai jelek menjadi mimpi buruk buat kamu kan? Kalau begitu atur posisi duduk kamu untuk menghindari rasa kantuk yang melanda. Kamu bisa mencoba duduk tegap tanpa sandaran. Duduk di kursi dengan berandar dan kaki terjulur di depan memicu untuk tidur di kelas, lho!

5. Tidur Cukup

Salah satu faktor yang menyebabkan rasa kantuk adalah kurangnya waktu tidur. Sebaiknya kamu biasakan waktu tidurmu tercukupi. Biasanya waktu ideal anak-anak hingga remaja untuk tidur adalah 9 jam. Jangan sampai kamu begadang atau bahkan mengulur-ulur waktu tidur dengan kegiatan lain, seperti menonton televise, main handphone, dan lainnya. Usahakan tidur tepat waktu agar tubuh bisa fit saat aktivitas. Yuk, lakukan 5 langkah di atas dan semoga berhasil, ya! (MDEV)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.394 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com