Saffa Nashita Puteri

Last login time
23 Januari 2020



headerBanner
Kiat Lolos Jalur SNMPTN

Kiat Lolos Jalur SNMPTN

IndiSchool - Myschool · Posted by Saffa Nashita Puteri


Jumat, 10 Januari 2020 16:06 WIB 60 0 0

Jalur SNMPTN adalah jalur yang diimpikan banyak calon mahasiswa. Tidak banyak yang memiliki kesempatan untuk masuk PTN melalui seleksi ini. Pertimbangan yang matang adalah hal yang sangat diperlukan agar bisa lolos jalur ini.

Diterima Perguruan Tinggi Negeri atau PTN pastinya suatu impian kebanyakan anak SMA/MA/SMK untuk melanjutkan perjalanan dalam mencapai cita-citanya. Ada tiga jalur untuk masuk PTN yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi Mandiri.

Setiap jalur seleksi memiliki daya tampung yang berbeda-beda. Untuk jalur SNMPTN, kuota minimumnya adalah 20 persen, sedangkan jalur SBMPTN memiliki kuota minimum 40 persen dan seleksi Mandiri dengan kuota minimum 30 persen.

SNMPTN atau biasa disebut jalur undangan adalah jalur yang paling diincar karena jalur ini bebas tes. Namun, persaingan melalui seleksi ini cukup ketat karena daya tampung yang terbilang minim. Jalur ini mengandalkan nilai rapot lima semester dan juga prestasi-prestasi yang telah kalian raih selama kalian berada di jenjang Pendidikan SMA.

Bagi kalian yang tertarik untuk masuk PTN melalui jalur ini, ada beberapa poin penting yang harus kalian perhatikan agar bisa diterima PTN tanpa tes.

1. Pastikan jurusan yang dipilih sesuai dengan passion dan universitas yang kamu pilih cocok dengan kamu dan orang tuamu.

Penting sekali untuk tahu jurusan mana yang cocok dengan passion dan kepribadian kamu. Jangan sampai kamu salah ambil jurusan loh guys karena saat kamu masuk kuliah nanti, kamu hanya akan fokus dengan materi mata kuliah tersebut. Kalau kamu tidak suka dengan mata kuliahnya, kamu akan mudah jenuh dan menyebabkan kuliah kamu tidak maksimal.

Jauhi pikiran "yang penting kuliah" sampai-sampai mengabaikan minat kamu dengan jurusan yang kamu pilih. Jika kamu masih belum yakin dengan pilihanmu, kamu bisa mencoba tes psikologi, konsultasi dengan guru BK-mu, konsultasi dengan orang tuamu, atau dengan alumni sekolahmu yang diterima di jurusan yang kamu minati.

Hal paling penting lainnya yaitu soal universitas, tidak jarang loh orang tua yang tidak sepikiran dengan kamu apalagi masalah tempat kuliah. Kamu harus berdiskusi terlebih dahulu dengan orang tuamu tentang pilihan universitas kamu.

2. Universitas tidak ingin di "dua" in

Banyak yang belum tahu mengenai persoalan ini, padahal hal ini cukup krusial. Perlu diketahui bahwa jika pilihan universitas kalian saat pendaftaran SNMPTN berbeda, maka kalian bisa saja kehilangan peluang kalian untuk lolos SNMPTN. Hal ini juga berlaku walaupun kalian memiliki bobot nilai yang besar. Jadi, pertimbangkan dengan baik-baik ya pilihan universitas kalian!

3. Lihat peluang

Lihatlah peluang kamu untuk diterima di jurusan pilihanmu. Peluang ini bisa kamu lihat dari beberapa poin pertimbangan dalam menyeleksi calon mahasiswa seperti zonasi wilayah universitas yang kalian pilih, nilai rata-ratamu dengan rata-rata nilai yang diterima SNMPTN tahun lalu, akreditas sekolahmu, rata-rata nilai di sekolahmu, dan alumni sekolahmu yang masuk ke jurusan pilihanmu. Tidak hanya itu, kamu juga harus memastikan bahwa teman satu sekolahmu yang memiliki nilai lebih tinggi darimu tidak memiliki pilihan yang sama denganmu karena hal tersebut dapat memperkecil peluangmu untuk diterima lewat jalur SNMPTN.

4. Banyak berdoa

"Usaha tanpa doa adalah sombong dan doa tanpa usaha adalah bohong". Seimbangi usahamu dengan berdoa. Dengan peminat yang banyak, daya tampung jalur SNMPTN ini terbilang cukup kecil. Setelah kalian mempertimbangkan poin-poin di atas, nilai kalian akan diseleksi bersama dengan nilai teman-temanmu dari sekolah lain yang memiliki target jurusan yang sama denganmu. Oleh karena itu, berdoa adalah usaha terakhir yang bisa kamu lakukan ketika sudah mendaftarkan target kalian dan menunggu pengumuman.

Nah, jadi jangan sampai kalian salah langkah dalam mempertimbangkan pilihan SNMPTN kalian ya!

Foto:kemdikbud.go.id


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com