Super Administrator

headerBanner
Inilah Manfaat Penting Sekolah Alam untuk Anak Indonesia

Inilah Manfaat Penting Sekolah Alam untuk Anak Indonesia

IndiSchool - Myschool · Posted by Super Administrator


Senin, 23 April 2018 14:04 WIB 528 0 1

Belum juga menemukan sekolah yang cocok untuk buah hati? Bagaimana jika mendaftarkannya ke sekolah dengan metode alam. Selain bisa mendapatkan ilmu sesuai kurikulum pendidikan yang diterapkan pemerintah, semua anak juga akan belajar banyak cara menghargai alam dan makhluk hidup yang ada agar tetap lestari.

Sekolah dengan metode alam merupakan bentuk pendidikan alternatif yang memanfaatkan alam sebagai media utama sebagai media belajarnya. Setidaknya ada 3 fungsi yang dihadirkan dalam sekolah alam, antara lain, alam sebagai ruang belajar, alam sebagai media dan bahan mengajar, serta alam sebagai objek pembelajaran.

Dari sekolah alam inilah setidaknya akan menghadirkan beragam manfaat yang tidak didapatkan atau minim dirasakan oleh murid-murid yang menimba ilmu di sekolah formal pada umumnya.

Adapun kelebihan yang dirasakan oleh si anak tentunya tidak hanya terpaku pada teori saja, melainkan bisa langsung mempraktekan ilmu yang dipelajari di alam tempatnya menimba ilmu. Dengan kata lain sistem belajar mengajar konvensional dimana yang biasanya guru menerangkan dan murid mendengarkan sambil membaca buku panduan sangat minim dilakukan.

c-sai%20meruyung.jpg

Di sini, murid tidak selalu ada di dalam ruangan, melainkan bisa selalu berada di ruang kelas terbuka. Satu lagi, dari sisi biaya, sekolah alam ini umumnya menawarkan harga yang terjangkau.

Dan uniknya lagi, metode belajar yang diterapkan dalam sekolah alam lebih banyak memanfaatkan metode action learning, dimana, murid belajar melalui pengalaman secara langsung agar lebih bersemangat dan aktif di setiap permasalahan yang ada.

Salah satu sekolah alam yang mungkin bisa menjadi alternatif pendidikan bagi buah hati Anda adalah Sekolah Alam Indonesia (SAI) Meruyung di wilayah Parung Bingung, Pancoran Mas Depok yang merupakan cabang dari Sekolah Alam Indonesia (SAI) yang memiliki tiga kurikulum inti yaitu akhlak, kepemimpinan dan keterampilan berfikir.

Sementara itu, untuk kurikulum yang menjadi kewajiban dari dinas pendidikan dikemas dalam bentuk tematik. Bahkan, di SAI Meruyung menggunakan pendekatan proyek dalam proses pembelajarannnya yang dikenal dengan Project Based Learning (PjBL). Dengan tekhnik ini, siswa ditantang untuk menganalisa suatu keadaan dan membuat solusi-solusi dari masalah yang ada dengan produk tertentu dengan proses berfikir yang analisis dan tentunya penuh kreatifitas.

Sebagai informasi, SAI sendiri memiliki 4 tingkat akademis, mulai KB/TK, Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan hingga Sekeloh Menengah Atas yang semuanya telah memberikan bukti kelulusan untuk alumninya dengan hasil Ujian Nasional (UN) yang cukup memuaskan. Jadi, tidak perlu khawatir dengan pola pengajaran dan pendidikan serta kurikulum yang diterapkan oleh SAI. (Idr/Foto : Dok.SAI Meruyung)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.559 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com