Super Administrator

headerBanner
Inilah 5 Jenis Teks di UN Bahasa Inggris SMP

Inilah 5 Jenis Teks di UN Bahasa Inggris SMP

IndiSchool - Myschool · Posted by Super Administrator


Selasa, 17 April 2018 10:36 WIB 2490 0 0

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP akan segera digelar. Dan salah satu mata pelajaran yang akan diujikan adalah Bahasa Inggris yang untuk sebagian siswa harus memiliki pemahaman tingkat tinggi untuk menjawab teks soal yang ada. Berikut, beberapa jenis teks dalam UN Bahasa Inggris untuk memudahkan kamu menjawabnya!

1. Recount Text

Biasanya, teks recount akan mendeskripsikan peristiwa lampau yang dialami si pembuatnya, mulai perjalanan saat liburan hingga pengalaman berkesan lainnya akan dijadikan sebuah pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa-siswi SMP.

Untuk mengenali teks ini biasanya memakai kata kerja kedua (Verb 2) di dalam teksnya, seperti went, did, was, were, took, dll. Jadi, ketika muncul pertanyaan 'what is the text about?', jawabannya adalah apa yang sedang diceritakan dalam teks.

2. Narrative Text

Tidak jauh berbeda dengan teks recount, Narrative text juga memakai kata kerja kedua seperti; said, won, found, saw, warned, asked, turned, dll. Umumnya, teks ini ada dalam cerita sebuah dongeng atau fable yang dijadikan soal-soal. Soal lainnya juga akan mempertanyakan konflik yang muncul (What was the main problem?). untuk menjawabnya, kamu harus benar-benar memahami pertanyaan yang diajukan.

3. Descriptive Text

Pada umumnya, teks ini akan menceritakan seorang teman/keluarga yang dikenal oleh si penulis. Bisa grandfather, grandmother, uncle, aunt, cousin yang menjadi bahan ceritanya. Ciri-ciri teks ini biasanya dimulai dengan kalimat 'I have a close friend' yang dilanjutkan dengan deskripsi ciri-ciri fisik orang yang dimaksud.

Adapun kosa kata yang paling sering muncul adalah kata-kata sifat (adjective) adalah well-dressed, handsome, beautiful, attractive, fashionable, strong, stunning, amazing, tall, etc. Sedangkan untuk kata-kata khususnya meliputi hair-style, appearance, face, dll.

Begitupun dengan beberapa model pertanyaan yang biasanya muncul dalam UN Bahasa Inggris, seperti : What is the purpose of the text?. Soal ini mempertanyakan tujuan dari penulisan teks deskriptif. Jadi, bisa dijawab dengan 'To describe someone', atau 'to tell about a friend's physical appearance', dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

4. Report Text

Contoh kalimat teks ini biasanya diawali dengan "Tornado is...' atau 'Anaconda is...'. Meskipun demikian, teks ini dianggap yang paling sukar dipahami karena begitu banyak pemakaian kata-kata ilmiah dalam kalimat yang dijadikan soal. Mulai native, spreading, cultivated, edible, vary, occur, rotating, associated, debris menjadi kata yang kerap muncul. Untuk itu, kamu harus rajin berlatih untuk menambah kosa kata yang ada dalam pembedaharaan kata di dalam otak.

5. Procedure Text

Adapun ciri dari procedure teks ini terletak pada penggunaan kata kerja pertama pada setiap awal kalimatnya, seperti; wash, separate, remove, place, pour, observe, pay attention to, be careful, dll. Untuk mengenalinya, teks ini biasanya diawali dengan kalimat 'How to...'. Jadi, seringlah berlatih untuk memudahkan kamu menjawabnya. (Idr, berbagai sumber / Foto : Dok. mantema.ddns.net)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com