Admin Myindischool

headerBanner
Ini Dia Cara Ampuh Menghapal Sejarah!

Ini Dia Cara Ampuh Menghapal Sejarah!

IndiSchool - Myschool · Posted by Admin Myindischool


Rabu, 29 November 2017 15:06 WIB 372 0 0

Liburan akhir tahun tinggal menghitung hari! Itu tandanya kamu juga harus siap menghadapi Ujan Akhir Semester yang sebentar lagi datang. Sebelum menikmati liburan akhir tahun, kamu harus melewati UAS terlebih dahulu kan? Pasti kalian mengharapkan nilai bagus dong. Pastinya setelah mendapat nilai yang maksimal akan membuat liburanmu semakin happy.

Nah, untuk mendapatkan nilai bagus ngga mungkin kamu raih secara instan. Pastinya banyak persiapan yang kamu lakukan mulai dari membuat rangkuman hingga me-review beberapa bab sebelumnya. Semua itu kamu lakukan untuk mempermudah proses belajar.

Apalagi untuk pelajaran ilmu pasti, seperti Matematika, Fisika, Kimia, hingga Ekonomi. Kamu harus banyak latihan soal dengan berbagai kasus dan rumus tertentu. Selain ilmu pasti, ada juga mata pelajaran yang harus kamu hapal. Pelajaran hapalan ini pun tidak mudah, kamu harus pandai menguasai seluruh materi tanpa terkecuali. Berbeda halnya dengan ilmu pasti yang menggunakan rumus untuk menemukan jawabannya.

Nah, salah satu mata pelajaran hapalan yang dianggap rumit di kalangan pelajar ialah Sejarah. Sejarah memang menjadi momok bagi siswa karena begitu sulit. Kamu akan dihadapkan serangkian kejadian masa lalu, tanggal-tanggal penting hingga para tokoh sejarah. Kini, kamu tidak perlu berkecil hati lagi, IndiSchool akan menjawab keresahan kamu lewat beberapa cara ini. Yuk, simak!

1. Buat runtutan waktu

Belajar Sejarah menuntut kamu untuk jeli dan menghapal tanggal peristiwa bersejarah hingga kronologisnya. Nah, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah membuat runtutan waktu. Bagimana caranya? Kamu bisa membuat satu garis urutan waktu supaya kamu lebih mudah menghapal tanggal dan kejadian penting secara bersamaan. Jadi, kamu ngga harus repot lagi mencari isi materi yang halamannya berbeda. Cukup simple dan mudah kan?

2. Buat kata kunci

Untuk memudahkan menghapal pelajaran Sejarah, kamu bisa memulainya dengan membuat sebuah kata kunci. Sejarah begitu banyak memuat materi yang mengisahkan peristiwa di masa lampau. Dengan adanya alur cerita, kamu bisa mengaitkan kejadian tersebut dan memilih kata kunci untuk mengingatnya.

3. Review bareng

Ajaklah teman kamu untuk tanya jawab tentang materi pelajaran yang telah dibahas. Teman kalian bisa menceritakan bahasan atau materi yang ada. Semakin sering kamu melakukannya, maka semakin lekat materi tersebut dalam ingatan kalian.

4. Suasana tempat belajar

Saat belajar apapun tidak hanya mata pelajaran Sejarah saja, tentu membutuhkan tempat yang nyaman. Kamu bisa mencari tempat belajar yang kondusif dan jauh dari keramaian. Suasana yang tenang tentu membuat rileks dan materi pelajaran pun bisa dengan mudah masuk.

5. Dengarkan musik

Ada sebagian orang yang biasa mendengarkan lagu sambil belajar materi Sejarah. Cara ini memang ngga ada salahnya lho, karena bisa jadi kamu lebih mudah menghapal di saat terdengar alunan musik. Meskipun alternatif ini tidak semua orang bisa melakukannya terlebih lagi bagi kamu yang menyukai ketenangan. (MDEV)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.394 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com