Admin Myindischool

headerBanner
Cari Tau Yuk Perguruan Tinggi Kedinasan Yang Cocok Buat Kamu

Cari Tau Yuk Perguruan Tinggi Kedinasan Yang Cocok Buat Kamu

IndiSchool - Myschool · Posted by Admin Myindischool


Sabtu, 29 April 2017 11:49 WIB 4296 4 4

Buat yang belum tau dan biar ngga bingung, simak dulu yuk apa sih Perguruan Tinggi Kedinasan itu? Perguruan Tinggi Ikatan Dinas (PTK) atau sekarang lebih dikenal dengan Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID) merupakan perguruan tinggi yang berada dibawah Kementerian / Lembaga Pemerintahan yang tujuannya mendidik mahasiswa untuk bekerja di Kementerian / Lembaga Pemerintahan tersebut. Tahun ini, pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan dikelola oleh Kementerian Pemberdayaan dan Aparatur Negara (MenPAN). MenPAN bertugas menentukan formasi CPNS yang akan diangkat, sehingga semua ijin penyelenggaraan pendidikan kedinasan, termasuk kuota penerimaan, mesti melalui MenPAN.

Buat kamu yang lagi bingung pilih - pilih sekolah Kedinasan seperti apa sih yang sesuai dengan kamu berikut ini ada gambaran singkat dari beberapa PTK

1. PKN - STAN PKN STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Kementerian Keuangan. Aktivitas keuangan negara mulai dari mendapatkan uang (Pajak, Bea Cukai), mengalokasikannya (Anggaran / Kebendaharaan Negara), Pengelolaan (Manajemen Aset), dan Pelaporan (Akuntansi), dipelajari di jurusan-jurusan di STAN. Pendidikan di STAN berupa D1 dan D3. Lulusan STAN akan ditempatkan di Kemenkeu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di STAN.

2. STTD STTD merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Kementerian Perhubungan. Setelah lulus, alumni STTD bisa ditempatkan di Pemda atau Pemprov yang bekerja sama dengan STTD. Misalnya tahun 2016 ini, Pemprov DKI Jakarta merekrut alumni STTD. SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di STTD.

3. IPDN Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Kementerian Dalam Negeri. Lulusan IPDN akan ditempatkan di instansi pemerintahan pusat atau daerah. Fakultas di IPDN ada 2: Fakultas Politik Pemerintahan & Fakultas Manajemen Pemerintahan. Pendidikan dilaksanakan selama 4 tahun atau 8 semester. SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di IPDN.

4. STIS STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Badan Pusat Statistik (BPS). Lama perkuliahan di STIS selama 4 tahun atau 8 Semester. STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik social-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi Setelah lulus di STIS, lo akan ditempatkan di kantor BPS di seluruh Indonesia. STIS khusus lulusan SMA-IPA.

5. AIM & POLTEKIP Akademi Imigrasi (AIM) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Kementerian Hukum dan HAM. AIM merupakan pendidikan kedinasan Diploma III di bidang teknis Keimigrasian dengan program kuliah selama 3 (tiga) tahun, yang akan ditempatkan dalam Jabatan Pemeriksa Keimigrasian atau Penelaah Keimigrasian.

Sedangkan POLTEKIP merupakan pendidikan kedinasan Diploma IV di bidang teknis Pemasyarakatan dengan program kuliah selama 4 (empat) tahun dan lulusannya setara dengan Strata 1 (S-1), yang akan ditempatkan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Pembimbing Kemasyarakatan. SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di AIM dan POLTEKIP.

6. STKMG STMKG merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofifika (BMKG). BMKG merupakan badan yg bertugas memberikan informasi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara. Jadi nanti yg lo pelajari akan berkutat di hal tersebut. STMKG khusus lulusan SMA-IPA

7. STSN STSN merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Untuk melindungi data dan informasi penting negara, maka data dan informasi tersebut harus dilindungi menggunakan sistem sandi.

Jurusan yang tersedia di STSN ada 2, dengan masa kuliah 4 tahun atau 8 semester.

  1. Manajemenisasi Persandian
  2. Teknik Persandian
  • Teknik Kripto
  • Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi

STSN khusus lulusan SMA-IPA.

8. STIN STIN merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Intelejen Negara (BIN). Nah apa nih bedanya Lemsaneg dan BIN? Kalo sandi negara lebih khusus melindungi informasi kenegaraan. Sedangkan BIN lebih ke mencari informasinya dengan berbagai cara. STIN menerima siswa SMA/SMK/MA dari berbagai jurusan.

Karena peraturannya cuma bisa memilih salah satu dari 8 PTK, maka sebaiknya kamu pelajari dulu dengan cermat ya masing-masing PTK sebelum memutuskan mendaftar. Mulai dari persyaratan, apa aja yang dipelajari, gimana setelah lulus, dll. Kamu bisa browsing atau nanya-nanya ke alumni di PTK yang bersangkutan. Tapi untuk tahun ini pendaftarannya sudah ditutup ya teman,kamu bisa cek info pendaftaran tahun depan di http://www.kedinasan.com/ . Semoga membantu ya.

Baca Juga



Ada 4 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com