Super Administrator

headerBanner
Begini Kisi – Kisi Soal USBN SD 2018

Begini Kisi – Kisi Soal USBN SD 2018

IndiSchool - Myschool · Posted by Super Administrator


Kamis, 3 Mei 2018 12:26 WIB 944 0 0

Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN) SD maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) resmi berlangsung mulai hari ini, 3 - 5 Mei 2018. Tiga materi USBN yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berikut, kisi-kisi soal yang telah disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Tahun ini, bentuk soal USBN mencakup pilihan ganda sebanyak 90% dan 10 persennya berupa uraian atau esai. Adapun soal untuk USBN 20%-25% disusun oleh pusat dan 75%-80% soal disusun oleh guru-guru dan dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Nah, untuk memberikan gambaran kemudahan dalam menjawab soal yang ada, Kemendikbud melalui laman resmi un.kemendikbud.go.id memberikan tautan kisi-kisi soal USBN: https://drive.google.com/drive/folders/1KGXL01d3-rzpt7lhurGWZN3Prtto9FCa

Walaupun tidak menjadi syarat mutlak untuk bisa lulus SD, hasil USBN ini menjadi salah satu pertimbangan untuk siswa dapat diterima di tingkat SMP yang telah menerapkan sistem zonasi atau wilayah.

c-jadwal-usbn-sd-mi-2018-utama-dan-susul

Oleh karena itu, siswa tidak hanya harus memiliki hasil ujian yang baik dan lulus USBN, siswa juga harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran, seperti menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik. Selanjutnya, kelulusan siswa akan ditentukan oleh pihak sekolah berdasarkan rapat dewan guru.

Selain digunakan sebagai bahan pertimbangan masuk ke jenjang selanjutnya, hasil USBN juga digunakan Kemendikbud untuk pemetaan kualitias mutu pendidikan sekolah dalam rangka peningkatan kualitas Dan jika USBN telah selesai, ada lagi Ujian Sekolah (US) yang akan diikuti siswa. Lima mata pelajaran yang diujikan dalam US yaitu: Pendidikan Agama, PPKN, IPS, Seni Budaya, serta Penjaskes (Pendidikan Jasmani Kesehatan).

Dalam hal ini, Kemendikbud mendorong guru-guru di sekolah untuk membuat soal US juga dengan kombinasi antara pilihan ganda dan esai seperti USBN.

Dan secara teknis, dalam ujian berbasis komputer peserta dapat mengerjakan soal-soal berbentuk pilihan ganda menggunakan komputer, baik untuk USBN maupun US. Adapun untuk soal esai akan dikerjakan siswa pada kertas esai secara manual.

Dengan padatnya aktifitas akademis seperti ini, disarankan para orangtua juga perlu mempersiapkan mental anak agar siap menghadapi USBN. Tujuannya sudah pasti agar semua aspek berjalan sesuai yang diinginkan oleh orangtua murid, guru dan pihak sekolah. Semangat! (Idr/foto: Ist)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com