indra gunawan

Last login time
22 April 2019



headerBanner
6 Sekolah Indonesia di Luar Negeri – Part 2

6 Sekolah Indonesia di Luar Negeri – Part 2

IndiSchool - Myschool · Posted by indra gunawan


Rabu, 23 Januari 2019 9:43 WIB 295 1 1

Buat kamu yang memiliki rencana tinggal di luar negeri, 6 sekolah ini bisa menjadi rekomendasi yang pas untuk mengenyam dunia Pendidikan bercita rasa Indonesia. Apa saja? Ini dia ulasan selanjutnya!

Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT)

Sebagai salah satu Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) tertua di luar negeri, SRIT merupakan pusat pengembangan ilmu dan budaya bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagian anak usia sekolah yang berasal dari seluruh daerah di tanah air.

Adapun visi dari SRIT adalah Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan bagi seluruh siswa untuk mewujudkan mutu lulusan Sekolah Republik Indonesia Tokyo yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang mampu bersaing di era globalisasi.

Sedangkan misinya, antara lain: Mengimplementasikan proses belajar mengajar yang kreatif, aktif, inovatif dan menyenangkan. Memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat sekolah, terutama kepada siswa. Melaksanakan pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen yang berkualitas dalam menciptakan pendidikan yang efektif. Mempersiapkan siswa untuk meraih prestasi yang lebih baik pada Ujian Nasional. Memperlihatkan rasa hormat dan kerja sama yang baik dengan orang lain dalam konteks berkehidupan dengan masyarakat multikultural. Memelihara dan meningkatkan kemitraan dan kerjasama dengan sekolah Jepang dan lembaga pendidikan lainnya.

Sekolah Indonesia Cairo

Sekolah Indonesia Cairo (SIC) yang didirikan pada tanggal 21 Desember 1956 ini memiliki visi yang berbunyi "Dengan semangat kebersamaan, kita antarkan setiap siswa ke depan pintu gerbang kesuksesan dan kita tingkatkan mutu sekolah setaraf sekolah internasional".

Sedangkan visinya: Melaksanakan KBM dengan tertib, penuh semangat, menyenangkan dalam suasana kekeluargaan. Menjalin hubungan silaturrahmi yang baik antara personil sekolah, siswa, orang tua dan masyarakat. Memberikan bimbingan kepada siswa dalam hal kerohanian, akademik dan ketrampilan. Melaksanakan kegiatan peningkatan SDM secara berkala sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Memberikan bimbingan kepada siswa agar bisa hidup praktis, efektif, dan bermoral. Menjadikan Sekolah Indonesia Cairo sebagai duta bangsa di kawasan Timur Tengah.

Pembelajaran di Sekolah Indonesia Cairo menggunakan kurikulum nasional dan ditambah dengan muatan lokal (Bahasa Arab). Waktu belajar dimulai pukul 07.55 Waktu Kairo sampai dengan pukul 14.40 waktu Kairo. Kegiatan belajar mengajar diawali dengan do'a bersama dan mengaji Al-Quran selama 15 menit. Jenjang / tingkatan sekolah terdiri dari: Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Sekolah Indonesia Moskow (SIM)

SIM mempelajari kurikulum sebagaimana halnya sekolah-sekolah di Indonesia. Tentu dengan diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Sekolah Indonesia Moskow memiliki ciri dan keutamaanya sendiri. Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi sekolah, siswa siswi SIM diharapkan mampu menguasai bahasa Inggris dan bahasa Rusia, serta memiliki keterampilan di bidang teknologi informasi. Pada saat yang bersamaan mereka juga diharapkan dapat bersikap dan berpikir global hingga nantinya dapat bersaing di berbagai bidang kehidupan. Karenanya penanaman nilai-nilai agama dan budaya luhur bangsa juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses belajar mengajar di SIM.

Sekolah Indonesia Beograd (SIB)

Salah satu Program Kerja Sekolah Indonesia Beograd (SIB) adalah untuk Meningkatkan prestasi siswa untuk setiap kelas dalam setiap tangga pendidikan dengan mengacu kepada Kurikulum 2013. Buku pegangan murid dan guru sama dengan buku-buku yang digunakan di Sekolah-Sekolah di Indonesia dan SILN serta diperkaya dengan buku-buku penyegaran yang terdapat di media lain yang sesuai. Kegiatan Belajar Mengajar menggunakan media internet "Skype", program "Big Blue Botton" (BBB), Edmodo serta E-mail yang cukup efisien dan menarik.

Sekolah Indonesia Singapura (S.I.S)

SIS menyiapkan pendidikan untuk anak-anak warga negara Indonesia yang berada di Singapura. Berfungsi sebagai payung untuk membangun dan mengembangkan rasa nasionalisme Indonesia, memperkokoh rasa persatuan dan kepribadian Indonesia. Sekolah Indonesia berpartisipasi dalam memperkenalkan dan meyebarluaskan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat Singapura khususnya, dan masyarakat internasional yang berada di Singapura.

Sekolah Indonesia Bangkok (SIB)

Sekolah yang berdiri sejak 1962 ini menggunakan bahasa pengantar, bahasa Indonesia. Untuk pelajaran Bahasa Inggris, SIB mendatangkan seorang native speaker. Di SIB, para murid diajarkan pula bahasa Thai sebagai pembelajaran untuk muatan lokal.


Baca Juga



Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.088 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com