indra gunawan

Last login time
27 Juni 2019



headerBanner
6 Sekolah Indonesia di Luar Negeri – Part 1

6 Sekolah Indonesia di Luar Negeri – Part 1

IndiSchool - Myschool · Posted by indra gunawan


Selasa, 22 Januari 2019 11:07 WIB 692 0 0

Buat kamu yang memiliki rencana tinggal di luar negeri, 6 sekolah ini bisa menjadi rekomendasi yang pas untuk mengenyam dunia Pendidikan bercita rasa Indonesia. Apa saja? Ini dia ulasan pertamanya.

Sekolah Indonesia Riyadh (SIR)

Sebuah institusi penyelenggara pendidikan tingkat dasar dan menengah bagi warga negara Indonesia yang terletak di kota Riyadh, Arab Saudi. SIR menyediakan fasilitas belajar-mengajar untuk siswa mulai dari tingkat PAUD hingga Sekolah Menengah Atas sesuai dengan kurikulum pendidikan nasional dibawah pengelolaan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh. Selain itu, fasilitas SIR juga kerap digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan Kejar Paket A, B dan C serta Universitas Terbuka.

Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ)

Sekolah Indonesia yang terletak di di kota Jeddah, Arab Saudi yang menyelenggarakan pendidikan tingkat dasar dan menengah sesuai dengan kurikulum pendidikan nasional dibawah pengelolaan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh. Selain itu, SIJ juga digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan Kejar Paket A, B dan C serta Universitas Terbuka.

Sekolah Indonesia Nederland (SIN)

Sekolah yang didirikan dan diselenggarakan untuk anak masyarakat warga negara Indonesia di di Belanda ini terbuka bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan putra-putrinya untuk memperoleh pendidikan dengan kurikulum Indonesia. SIN diselenggarakan dalam rangka memberikan akses dan pelayanan pendidikan yang bermutu, kompetitif, relevan, dan berstandar internasional, tetapi tetap berkepribadian dan berbudaya Indonesia. SIN secara yuridis boleh menyelenggarakan Ujian Akhir Sekolah/Nasional sebagaimana sekolah negeri/ swasta di Indonesia karena sekolah Indonesia di luar negeri termasuk SIN mempunyai kedudukan yang setingkat/sejenis dengan yang ada di Indonesia.

Sekolah Indonesia Yangon

Indonesian International School (IIS) di Yangon, Myanmar ini secara fisik memiliki bangunan yang hampir sama dengan instansi Pendidikan di Indonesia. Sekolah yang telah berdiri sejak Indonesia membuka hubungan diplomatik dengan Uni-Myanmar ini menjadi sekolah incaran para orang tua murid. Setiap tahun ajaran baru, sekolah ini tidak pernah kekurangan murid.

Bahkan, IIS harus memberlakukan seleksi yang ketat akibat banyaknya murid yang mendaftar. IIS memang memberlakukan kurikulum internasional sejak 2004. Kurikulum itu dipadukan dengan kurikulum Indonesia. Meski mayoritas muridnya bukan warga Indonesia, IIS memberlakukan muatan wajib untuk bahasa Indonesia. Sehari dalam satu minggu, para siswa wajib berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia.

Sekolah Indonesia Davao

Sekolah Indonesia Davao City berdiri pada tanggal 27 Agustus 1968. Pada tanggal 14 Juli 1987 Sekolah Indonesia Davao telah menempati gedung permanen sendiri ( milik pemerintah RI / KJRI Davao City ) yang berlokasi di Melati St, Ecoland Ph IV, Ecoland Subd, Matina, Davao City.

Bangunan gedung SILN Davao terdiri dari 2 lantai dan merupakan satu-satunya SILN yang berasrama dengan kapasitas 40 siswa asrama putra dan 40 siswi asrama putri. Keberadaan asrama sangat penting mengingat mayoritas anak-anak yang sekolah di SILN Davao adalah putra-putri warga Indonesia yang berdomisili jauh dari lokasi sekolah seperti di General Santos City dan di Pulau Balut maupun Sarangani.

Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SKIL)

Sejak berdiri pada tanggal 10 Juli 1969, SIKL konsisten berkiprah memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat Indonesia di Malaysia yang mengacu pada dasar pendidikan nasional.

Sebagai upaya mengimbangi pesatnya perkembangan dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan serta arus globalisasi dan modernisasi, sekolah yang berada di bawah naungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur ini, senantiasa mengejar prestasi dan kualitas pendidikan, mulai dari tenaga pendidikan dan kependidikan, sarana, output, serta segala komponen penunjang jalannya kegiatan pembelajaran baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Dalam hal ini, pada tahun 2013, eksistensi dan peran SIKL mendapat perhatian serius Badan Akreditasi Nasional (BAN) untuk diakreditasi dan hasilnya meraih akreditasi A untuk semua jenjang pendidikan yaitu tingkat SD, SMP, dan SMA.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com