Anindita Mutiara Putri

Last login time



headerBanner
5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula

5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula

IndiSchool - Myschool · Posted by Anindita Mutiara Putri


Senin, 10 Juni 2019 8:22 WIB 157 0 1

5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula

Desain Grafis adalah bentuk perancangan menggunakan elemen visual seperti gambar, tulisan dan bentuk untuk menyampaikan informasi tertentu. dalam proses perancangan desain grafis, ada banyak konsep yang diterapkan sehingga menghasilkan produk desain menarik. konsep itu berdasarkan kebutuhan masing-masing desainernya.

1. Mengetahui Vektor & Bitmap

Vektor adalah nama format dari file grafis yang terdiri dari titik-titik, masing masing memiliki kordinat x dan y. setiap titik ini bergabung sehingga membentuk garis ataupun kurva dan selanjutnya menjadi sebuah objek. ketika membuka gambar vektor pada aplikasi illustrator, tidak akan pecah atau terjadi blur walaupun diperbesar.

Format file vektorpun berbeda beda, tergantung aplikasi vektor mana yang digunakan :

  • CDR (Compact Disk Recorder), Format asli coreldraw.
  • AI, fomat hasil pengolahan aplikasi Adobe Illustrator.
  • DWG (Drawing) - format file menggunakan aplikasi autocad.

Gambar Bitmap atau bisa juga disebut Gambar Raster adalah format gambar yang teridiri dari kumpulan pixel (titik kecil persegi) yang membentuk sebuah gambar. pixel ini bisa berbeda beda warnanya tergantung objeknya. gambar bitmap berbeda dengan vektor, jika diperbesar maka akan pecah atau hilang kualitasnya. namun kalau diperkecil akan lebih baik, karena piksel didalamnya semakin rapat.

Format Gambar Raster Terpopuler : Jpeg, PNG, Gif, Tiff, PDF dan PSD

Perbedaan Vektor dan Bitmap

Vektor jika diperbesar masih tetap terlihat normal, namun Bitmap akan menjadi blur kalau sudah diperbesar.

2. Pelajari Warna dan Perpaduan Warna

Untuk menjadi desainer kita wajib mempelajari Warna dan Perpaduan Warna. karena setiap desain pasti memerlukan element warna didalamnya. warna akan memberikan nuansa pada desain, membuat desain lebih menarik, dan bisa memberikan pengaruh psikologi pada orang yang melihatnya.

3. Pelajari Aplikasi Desain Grafis Terpopuler

Ada beberapa aplikasi yang paling sering digunakan dan memiliki pengguna terbanyak, yaitu Adobe Photoshop yang dibuat oleh perusahaan Adobe. kita dapat membuat logo, vektor, wallpaper, background, ilustrasi, gambar 3d dll yang dengan aplikasi tersebut.

Ada lagi beberapa aplikasi yang sangat akrab di indonesia yaitu Coredraw dan Adobe Illustator. kedua aplikasi ini dikhususkan untuk membuat vektor, seperti logo, baliho, brosur dan masih banyak lagi.

4. Kunjungi Situs Tutorial Desain Grafis Untuk Pemula Terlengkap

Situs terbaik untuk belajar desain grafis yang paling populer:

  • Design Tutsplus, situs yang memberikan tutorial desain grafis paling lengkap. baik itu tutorial photoshop, corel draw, dan ilustrator.
  • Ilmu Garfais, asli situs indonesia.
  • Youtube, kalau mau belajar desain grafis versi video inilah tempatnya. semuanya ada di youtube, mulai dari membuat poster, logo, manipulasi dll.

5. Mencari Inspirasi Desain Grafis

Selain mengetahui beberapa unsur desain grafis, maka kalian juga harus mencari inspirasi desain grafis. Caranya dengan melihat hasil karya orang-orang yang sudah sukses. Mendapatkan ide itu susah, jadi kita dituntut banyak-banyak mencari inspirasi sebelum membuat desain.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com