indra gunawan

Last login time
18 Desember 2018



headerBanner
5 Fakta Kalau Lulusan SMK Memiliki Nilai Lebih

5 Fakta Kalau Lulusan SMK Memiliki Nilai Lebih

IndiSchool - Myschool · Posted by indra gunawan


Selasa, 14 Agustus 2018 13:14 WIB 340 0 0

Meskipun peminatnya tidak seramai SMA, faktanya Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK lebih diperhitungkan dalam dunia usaha. Hal ini tidak lepas karena keahlian khusus yang dimiliki siswa usai lulus SMK. Berikut fakta lainnya!

1. Lulusan SMK lebih siap bekerja

Keahlian khusus yang didapat saat menimba ilmu di SMK menjadi nilai lebih para lulusannya. Hal ini yang menjadi pertimbangan para pelaku usaha untuk lebih memilih lulusan SMK untuk bekerja dibandingkan lulusan SMA.

2. Siswa SMK ahli dibidangnya

Setiap siswa pastinya memiliki keahlian yang disesuaikan dengan jurusan yang diambilnya. Sebagai contoh, jika siswa mengambil jurusan otomotif sepeda motor, maka selama ia menimba ilmu akan selalu berhubungan dengan dunia sepeda motor. Mulai dari menggnati spare part hingga ngebengkel menjadi rutinitas yang terus dijalaninya. Bekal inilah yang menjadi modal siswa ketika lulus nanti dirinya bisa langsung mandiri.

3. Masa depan lebih terarah

Dengan skill yang didapat saat menimba ilmu di SMK, siswa akan memiliki keahlian khusus yang dapat membuat masa depannya cerah. Dengan kata lain, jika dirinya enggan bekerja dengan orang lain, ia bisa berdikari, menata masa depannya sendiri secerah mungkin. Menjadi bos sendiri, tanpa harus diperintah orang lain.

4. Hasilkan uang jajan sendiri

Bisa mendapatkan uang jajan dari jerih payah keringat sendiri adalah menjadi kebanggan tersendiri bagi mereka yang baru saja terjun ke dunia pekerjaan. Hal inilah yang setidaknya bisa dirasakan oleh mereka yang baru saja lulus SMK. Dengan keahlian yang ada, bukan tidak mungkin, dirinya bisa menghasilkan uang untuk dirinya, bahkan sudah bisa memberi untuk orangtuanya. Bangga pastinya!

5. Menginspirasi

Meskipun hanya menjadi contoh yang baik untuk para tetangga sekitar, para lulusan SMK ini sudah bisa dibilang menginspirasi para orangtua lain yang memiliki anak baru lulus SMP yang masih bingung menentukan pilihan mau ke SMA atau SMK. Dengan contoh keberhasilan bekerja di sebuah instansi, banyak para ibu-ibu yang mengarahkan anaknya untuk masuk SMK.

Jadi, jangan ragu untuk memilih SMK atau SMA. Intinya, dimanapun kalian menimba ilmu, pastinya sama-sama akan mendapatkan pelajaran untuk bekal masa depan kalian. (Foto: Dok. psmk.kemdikbud.go.id)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.868 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com