Saffa Nashita Puteri

Last login time
3 Februari 2020



headerBanner
3 Rahasia Efektifnya Pendidikan Karakter

3 Rahasia Efektifnya Pendidikan Karakter

IndiSchool - Myschool · Posted by Saffa Nashita Puteri


Rabu, 15 Januari 2020 12:18 WIB 1283 0 0

Apa sih Pendidikan karakter itu? Pendidikan karakter adalah sebuah sistem penanaman nilai karakter kepada guru maupun siswa yang meliputi pengetahuan, kesadaran, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut.

Pendidikan karakter itu sangat penting loh guys! Pendidikan karakter yang baik dan dapat memberikan dampak positif mencerminkan jati diri sebuah bangsa. Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta Dr. R. Maryatmo MA. Menyatakan bahwa kecerdasan emosional, spiritual, dan kepribadian itu penting dalam membangun karakter yang tangguh, mandiri, aktif, kreatif dan berdedikasi tinggi.

Dilansir dari laman resmi sahabat keluarga Kemendikbud, Menurut penulis buku, pembicara, dan pakar pendidikan karakter, Doni Koesoema, Agar Pendidikan karakter dapat berdampak secara efektif, perlu dilakukan pemahaman secara menyeluruh dalam konteks Pendidikan nasional. Jika hal tersebut tidak dilakukan, Pendidikan karakter hanya akan menjadi wacana dan tidak mencapai tujuannya secara maksimal.

Beliau menambahkan, bahwa Pendidikan yang tidak dipahami secara menyeluruh dapat berdampak pada pembentukan karakter anak didik bersifat kontraproduktif. Pendekatan parsial yang tidak didasari dengan strategi mengajar yang kokoh berpotensi menyebabkan anak pada perilaku kurang bermoral.

Pada buku yang ditulis olehnya, berjudul "Pendidikan Karakter Integral", dijelaskan terdapat tiga basis desain dalam perancangan hingga pelaksanaan, yaitu:

  • Desain pendidikan karakter berbasis kelas. Desain ini berbasis pada relasi guru sebagai pendidik dan siswa sebagai pembelajar di dalam kelas. Memberikan pemahaman dan pengertian akan keutamaan yang benar terjadi dalam konteks pengajaran ini, termasuk di dalamnya pula adalah ranah noninstruksional, seperti manajemen kelas, konsensus kelas, dan lain-lain, yang membantu terciptanya suasana belajar yang nyaman.
  • Desain pendidikan karakter berbasis kultur sekolah. Membangun kultur sekolah yang mampu membentuk karakter anak didik dengan bantuan pranata sosial sekolah agar nilai tertentu terbentuk dan terbatinkan dalam diri siswa. Untuk menanamkan nilai kejujuran tidak cukup hanya dengan memberikan pesan-pesan moral kepada anak didik. Pesan moral ini mesti diperkuat dengan penciptaan kultur kejujuran melalui pembuatan tata peraturan sekolah yang tegas dan konsisten terhadap setiap perilaku ketidakjujuran..
  • Desain pendidikan karakter berbasis komunitas. Masyarakat di luar lembaga pendidikan, seperti keluarga, masyarakat umum, dan negara, juga memiliki tanggung jawab moral untuk mengintegrasikan pembentukan karakter dalam konteks kehidupan mereka. Ketika lembaga negara lemah dalam penegakan hukum, ketika mereka yang bersalah tidak pernah mendapatkan sanksi yang setimpal, negara telah mendidik masyarakatnya untuk menjadi manusia yang tidak menghargai makna tatanan sosial bersama.

Pemerintah menganggap bahwa Pendidikan karakter sama pentingnya dengan Pendidikan akademis. Fokus Pendidikan karakter tidak hanya pada murid. Guru dan juga orang tua diharapkan berpartisipasi penting dalam membangun karakter yang tangguh, mandiri, aktif, kreatif dan berdedikasi tinggi.

Sumber: sahabatkeluarga.kemendikbud.go.id / Foto: kemdikbud.go.id


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.223 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com