Admin Myindischool

headerBanner
Yuk Kenali Sejak Dini Penyakit Hansen Ini!

Yuk Kenali Sejak Dini Penyakit Hansen Ini!

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Kamis, 25 Januari 2018 14:27 WIB 1351 0 0

Akhir Januari ini kita akan memperingati Hari Kusta (Leprosy Day), lho! Sebelumnya, ada yang tahu penyakit kusta nggak? Kusta yang dikenal dengan nama lepra atau hansen, adalah penyakit yang menyerang kulit, system saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas serta mata. Penyakit kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae.

Sayangnya, tidak semua orang memahami penyakit kusta. Bahkan kusta menjadi hal yang menakutkan di kalangan masyarakat. Sering kali, masyarakat menjauhi penderitanya. Sebaiknya kamu harus tahu dulu 4 fakta tentang kusta ini!

1. Kusta tak mudah menular

Sebenarnya penyakit kusta adalah penyakit menular, tapi tidak semudah itu penularannya kepada orang lain. Ada yang bilang bisa menular akibat air liur dari mulut atau cairan dari hidung.

Namun, faktanya kusta tidak secepat itu menular. Kusta baru bisa menular jika terjadi kontak yang berkali-kali dan sangat dekat dengan pasien.

2. Kusta bisa disembuhkan secara gratis

Tahu nggak sih kusta itu bisa disembuhkan terus gratis lagi? Yup, benar banget! Pemerintah sudah menyediakan obat bagi para penderita secara gratis di Puskesmas.

Bagi penderita kusta kering (pausi basiler), obat harus dikosumsi selama 6 bulan. Sedangkan untuk kusta basah (multi basiler), pengobatan dilakukan selama 12 bulan. Jadi, jangan ragu lagi ya, berobat ke puskesmas.

3. Kusta bisa disembuhkan!

Penyakit kusta sebenarnya bisa disembuhkan tanpa harus disertai kecacatan. Asalkan penderita rutin melakukan pengobatan secara tepat dan tuntas. Jadi, penderita kusta sebaiknya segera dirawat agar tidak menyebabkan kecacatan, Teman!

4. Kusta merupakan penyakit tertua

Kusta merupakan penyakit tertua dalam sejarah manusia, lho! Ilmuwan Pusat Kanker MD Anderson University of Texas, Amerika Serikat menemukan dua bakteri kusta berasal dari bakteri leluhur yang sama sekitar 10 juta tahun lalu.

Bakteri ini disebutkan pernah menyerang nenek moyang manusia dan hominid, kerabat manusia yang hidup belasan juta tahun lalu. Meskipun Hari Kusta tak sepopuler hari peringatan lainnya, ada baiknya kalau kamu tahu sejak dini apa itu penyakit kusta, Teman. Semoga bermanfaat, ya! (MDEV / Foto SnappixPro / Shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.214 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com