Admin Myindischool

headerBanner
Wow! Ini Dia Penyebab Air Laut Terasa Asin

Wow! Ini Dia Penyebab Air Laut Terasa Asin

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Senin, 4 Desember 2017 15:00 WIB 289 0 0

Siapa yang berani menolak liburan ke pantai? Pantai menjadi salah satu destinasi favorit untuk liburan. Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan mulai dari berenang, snorkeling, hingga menikmati panorama laut yang indah. Berbicara tentang laut, tahukah kamu? Kenapa air laut rasanya asin? Nah, supaya ngga bingung simak ulasan berikut ini yuk!

Penasaran kan kenapa air laut rasanya asin? Kamu harus tahu sebenarnya setiap air mengandung garam, lho. Entah itu air hujan hingga air tanah sekalipun mengandung garam. Hanya saja kadar garam yang ada kandungannya berbeda-beda. Air laut sendiri mengandung garam 220 kali lebih banyak. Air laut akan terasa semakin asin bila kumpulan air hujan/sungai mengalir langsung ke laut.

Semakin banyak kandungan mineral dari air hujan/sungai yang mengalir ke laut tentu akan membuatnya menjadi lebih asin. Bila dibayangkan memang kandungan garam pada air sungai/hujan sangat kecil, tapi jika jumlahnya jutaan tentu semakin banyak kan? Bahkan untuk membuat kandungan garam tahunan, air sungai yang mengalir ke laut sama dengan kandungan garam dalam air laut seluruhnya dibutuhkan waktu sekitar 200-300 juta tahun lamanya.

Selain kandungan mineral dari air sungai/hujan, penyebab lain air laut terasa asin karena ventilasi hydrothermal. Apa itu ventilasi hydrothermal? Ventilasi hydrotherma biasanya ditandai dengan suhu yang tinggi di perairan menyebabkan air melarutkan lebih banyak mineral kemudian kembali lagi ke lautan.

Tak hanya itu saja, perubahan iklim juga mempengaruhi air laut bertambah asin. Fenomena perubahan iklim sering dikaitkan dengan pencairan gletser, meningkatnya gelombang panas, hingga badai yang kuat. Bahkan perubahan iklim juga mempengaruhi peningkatan keasaman air laut. Seiring dengan berjalannya waktu, perubahan ini menyebar melalui pergerakan aliran air sehingga mengubah salinitas air laut. (MDEV)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.737 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com