Super Administrator

headerBanner
Tradisi Unik Isra Miraj Ini Ternyata Mendunia

Tradisi Unik Isra Miraj Ini Ternyata Mendunia

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Selasa, 10 April 2018 14:28 WIB 378 0 0

Tidak hanya di Indonesia, perayaan Isra Miraj Nabi Muhammad ternyata juga diperingati di luar negeri. Meskipun tidak seramai seperti di dalam negeri, namun tetap memiliki makna suci bagi umat muslim yang merayakannya di luar negeri.

Untuk dalam negeri, perayaan Isra Miraj Nabi Muhammad memang selalu ramai dirayakan di berbagai wilayah nusantara. Hal ini tidak lepas karena mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam. Jadi, tidak heran jika nuansa islami nya sangat terasa.

Bangka. Perayaan Isra Miraj di Bangka dikenal dengan Tradisi Nanggung, yaitu membawa makanan dari rumah masing-masing menggunakan dulang atau rantang. Di dalamnya terdapat kue, buah-buahan atau nasi lengkap dengan lauk pauknya yang umumnya disantap bersama-sama untuk tetpa menjaga nilai kebersamaan atau silaturahmi antar umat muslim.

Yogyakarta. Di Kota Pelajar, perayaan Isra Miraj dikenal dengan tradisi bernama Rejeban Peksi Buraq. Digambarkan sebagai simbol kendaraan Nabi Muhammad yang terbuat dari kulit jeruk bali yang dibawa menuju Serambi Masjid Gede Kauman. Di dalamnya terdapat buah-buahan seperti manggis, rambutan dan juga tebu untuk dibagikan ke jamaah masjid usai pengajian.

Cirebon. Perayaan Isra Miraj di Kota Wali biasanya dilakukan pada tanggal 27 Rajab dalam Kalender Hijriah, yang dikenal dengan nama Rajaban. Setidaknya ada 2 lokasi yang ramai disambangi warga Kota Udang saat meramaikan Isra Miraj, yakni berziarah ke dua makam penyebar ajaran agama Islam yakni Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan di Plangon.

c-shutterstock_1042563982.jpg

Tradisi Rajaban juga umumnya digelar di Keraton Kasepuhan Cirebon dengan menggelar pengajian untuk umum dan melakukan tradisi membagikan nasi bogana kepada wargi keraton, kaum masjid, abdi dalem dan masyarakat mager sari.

Sebatik, Kaltara. Di sini, perayaan Isra Miraj dilakukan secara berurutan, mulai dari ujung utara sampai ujung selatan, masyarakatnya membawa kue-kue untu disimpan di masjid. Kemudian di masjid tersebut akan ada acara seperti tilawah, sambutan dari tokoh masyarakat, ketua RT dan ketua RW, serta hiburan dari masyarakat. Setelah itu dilanjutkan dengan ceramah tentang Isra Miraj dan ditutup dengan makan kue bersama-sama.

Sedangkan di luar negeri, perayaan Isra Miraj juga banyak dilakukan umat muslim meskipun sifatnya minoritas.

Contohnya seperti yang ada di Kanada. Sebagian umat muslimnya membuat permen dan membagi-bagikannya untuk tetangganya. Selama 2 hari, muslim Kanada merayakan Isra Miraj, termasuk puasa di siang hari, serta membaca Al-Quran dan bertasbih di malam harinya.

Begitupun perayaan Isra Miraj di masyarakat Amerika. ribuan muslim di California, Wisconsin dan negara-negara bagian lain merayakan perayaan ini setiap tahun. Muslim disana membuat doa-doa khusus di malam hari dan menghadiri khutbah di area pusat islami.(Idr/Foto: Shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.788 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com