Admin Myindischool

headerBanner
Tokoh Pahlawan Pendidikan Di Indonesia

Tokoh Pahlawan Pendidikan Di Indonesia

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Sabtu, 29 April 2017 11:43 WIB 3746 1 0

Yang disebut pahlawan itu bukan cuma seseorang yang ikut berperang melawan penjajah aja loh teman. Pahlawan bisa juga datang dari dunia pendidikan. Pahlawan pendidikan ialah orang yang berusaha berjuang untuk meningkatkan pendidikan di masyarakat. Tapi pasti masih banyak yang belum tau siapa aja sih pahlawan pendidikan di Indonesia? Berikut ini beberapa orang yang disebut sebagai pahlawan pendidikan di Indonesia:

1. Ki Hadjar Dewantara Beliau adalah tokoh pendidikan di Indonesia dan pendiri Taman Siswa, yang merupakan lembaga pendidikan formal pertama di Indonesia. lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 dan meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun. Dan hingga kini hari kelahiran Beliau yaitu tanggal 2 Mei, diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional. Semboyan yang paling terkenal dari Ki Hadjar Dewantara adalah Tut Wuri Handayani, yang merupakan semboyan pendidikan di Indonesia.

2. KH Ahmad Dahlan Lahir di Yogyakarta, 1 Agustus 1868 dan meninggal di Yogyakarta, 23 Februari 1923 pada umur 54 tahun. Beliau Merupakan tokoh yang mendirikan organisasi Muhammadiyah untuk melaksanakan cita-cita pembaruan di seluruh nusantara. Muhammadiyah juga merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan.

3. RA Kartini Seorang tokoh pendidikan wanita yang berasal dari pulau Jawa. R.A Kartini juga seseorang yang memperjuangkan emansipasi dan pendidikan untuk wanita. R.A Kartini juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. beliau lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun.

4. Kyai Haji Mohammad Hasjim Asy'arie

beliau lahir di Desa Gedang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, 10 April 1875 dan meninggal di Jombang, Jawa Timur, 25 Juli 1947 pada umur 72 tahun; 4 Jumadil Awwal 1292 H- 6 Ramadhan 1366 H; dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang) adalah salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama, organisasi massa Islam yang terbesar di Indonesia. Di kalangan Nahdliyin dan ulama pesantren ia dijuluki dengan sebutan "Hadratus Syeikh" yang berarti Maha Guru.

5. Dewi Sartika

Beliau dilahirkan di keluarga priyayi Sunda, Nyi Raden Rajapermas dengan Raden Somanagara. Sejak 1902, Dewi Sartika sudah merintis pendidikan bagi kaum perempuan. Di sebuah ruangan kecil, di belakang rumah ibunya di Bandung, Dewi Sartika mengajar di hadapan anggota keluarganya yang perempuan. Merenda, memasak, jahit-menjahit, membaca, menulis dan sebagainya, menjadi materi pelajaran saat itu. Beliau juga adalah orang yang mendirikan sekolah perempuan pertama se Hindia Belanda. Dewi Sartika meninggal 11 September 1947 di Tasikmalaya, dan dimakamkan dengan suatu upacara pemakaman sederhana di pemakaman Cigagadon-Desa Rahayu Kecamatan Cineam. Tiga tahun kemudian dimakamkan kembali di kompleks Pemakaman Bupati Bandung di Jalan Karang Anyar, Kabupaten Bandung.


Baca Juga



Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com