Super Administrator

headerBanner
Tak Hanya di Bali, 4 Kota Ini Juga Rayakan Nyepi

Tak Hanya di Bali, 4 Kota Ini Juga Rayakan Nyepi

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Rabu, 28 Februari 2018 16:59 WIB 364 0 0

Memasuki bulan Maret tahun ini, masyarakat Bali yang dominan beragama Hindu sudah pasti akan merayakan Hari Raya Nyepi. Namun, tahukan kamu jika selain di Pulau Dewata, Nyepi juga ternyata dirayakan di beberapa kota di Indonesia. Dimana saja? Ini dia lokasinya!

Hari Raya Nyepi merupakan hari di mana masyarakat Hindu menghabiskan 24 jam untuk berada di dalam rumah sambil beribadah sekaligus menahan diri untuk tidak bersentuhan dengan teknologi yang sehari-harinya digunakan.

Selama satu hari itu juga dimanfaatkan untuk merenungkan semua perbuatan yang pernah dilakukan setahun belakangan. Sekaligus menyiapkan langkah terbaik untuk dijalankan dalam kehidupan kedepannya.

Adapun Hari Raya Nyepi ini umumnya dirayakan di Pulau Bali. Namun, tidak hanya Bali, ada beberapa kota di Indonesia yang juga merayakannya. Hal ini dikarenakan umat Hindu di Indonesia juga tersebar di beberapa daerah yang secara otomatis juga merayakan Nyepi.

Nyepi di Candi Prambanan

Untuk umat minoritas Hindu yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya bisa merapat ke Candi Prambanan jika ingin merayakan Hari Raya Nyepi. Biasanya, akan didirikan tenda di lapangan bagi umat Hindu yang ingin berdoa untuk keseimbangan dan harmoni alam semesta di perayaan Nyepi. Mereka umumnya selalu melakukan prosesi Tawur Agung Kesanga sebagai bentuk penghormatan manusia ke alam semesta.

Dengan lokasinya yang begitu luas dan strategis dan memiliki nilai historis, jadi tidak heran jika Candi Prambanan selalu menjadi pusat perayaan Nyepi di Indonesia setiap tahunannya.

Upacara Penyucian Jalani Dhipuja di Pantai Balekambang - Malang

Buat kamu yang pernah wisata ke Pantai Balekambang, sudah pasti akan melihat umat Hindu yang sedang bersembahyang di pantai yang sering disebut juga dengan Tanah Lot-nya Jawa Timur ini. Hal ini tidak lepas dari keberadaan pura yang hampir menyerupai Tanah Lot Bali yang ramai disambangi kala mendekati perayaan hari keagamaan umat Hindu, salah satunya Nyepi.

Umumnya, 3 hari sebelum Nyepi, masyarakat Malang beragama Hindu yang ada di wilayah ini akan menjalani upacara Jalani Dhipuja yang merupakan bentuk penyucian manusia dan alam semesta. Namun, 1 hari sebelum Nyepi, umat Hindu yang akan merayakan upacara, biasanya akan mempersiapkan jolen atau sesajen yang terdiri dari lima unsur: buah-buahan, daun, bunga, air, dan dupa.

Buat kamu yang ingin menyaksikan upacara ini, sialhkan datang pagi hari. Karena, di waktu ini akan ada prosesi mengarak air suci dari pura ke Pendeta Agung. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan tarian untuk meminta doa kesejahteraan pada Tuhan yang ditutup dengan larungan air suci dan seluruh sesajen ke tengah laut.

c-shutterstock_291007649.jpg

Pawai ogoh-ogoh di Lombok

Meskipun tidak seketat di Bali, umat Hindu di Lombok tetap merayakan Hari Raya Nyepi dengan hikmat. Bedanya, jika di Pulau Dewata hanya para Pecalang yang boleh berada di luar rumah saat Nyepi, tidak dengan di Lombok. Masyarakat masih boleh berjalan-jalan sebagai bentuk toleransi umat beragamanya.

Bahkan, masyarakat yang butuh hiburan bisa menyambangi keramaian saat perayaan Nyepi, seperti mengikuti pawai ogoh-ogoh di ibukota NTB, Mataram yang terkenal dengan Pulau Seribu Masjidnya ini.

Upacara Melasti di Pantai Losari Makassar

Setelah Pantai Akkarena, kini Pemerintah kota Makassar mengizinkan umat Hindu untuk menggunakan anjungan Pantai Losari untuk Upacara Melasti. Hebatnya, meskipun berbeda lokasi, prosesi Melasti di Makassar sendiri tidak memiliki banyak perbedaan dari upacara Melasti di Bali. Kelebihan inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang sedang menghabiskan liburan di Makassar. (Teks : Ndra /Shutterstock)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.531 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com