indra gunawan

Last login time
13 Juni 2019



headerBanner
Standar Penilaian Pendidikan yang Harus Kamu Tahu

Standar Penilaian Pendidikan yang Harus Kamu Tahu

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Rabu, 12 Desember 2018 16:40 WIB 359 0 0

Pentingnya nilai dalam mata pelajaran mengharuskan sebuah instansi pendidikan membuat standar penilaian agar setiap siswa terukur prestasinya. Hal inilah yang kemudian dimuat dalam Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 yang menjelaskan tentang Standar Penilaian Pendidikan. Seperti ini isinya!

Dalam BAB I Ketentuan Umum Pasal 1, dijelaskan:

1. Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip,

mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan

menengah.

2. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

3. Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik, antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

4. Ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian Kompetensi Peserta Didik secara berkelanjutan dalam proses Pembelajaran untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar Peserta Didik.

5. Ujian sekolah/madrasah adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan

6. Kriteria Ketuntasan Minimal yang selanjutnya disebut KKM adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu pada standar kompetensi kelulusan, dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan Pendidikan.

Sedangkan di BAB II Lingkup Penilaian Pasal 2, dijelaskan tentang Penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas:

a. Penilaian hasil belajar oleh pendidik;

b. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan

c. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.

Info lebih lengkap:

http://bsnp-indonesia.org/standar-penilaian-pendidikan/

Foto: Dok. www.alfathabdurrahmanpayakumbuh.sch.id


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.137 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com