Admin Myindischool

headerBanner
Siswa SMA Mampu Membuat Robot

Siswa SMA Mampu Membuat Robot

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Rabu, 1 Oktober 2014 16:08 WIB 3004 0 0

Dulu era robotik mungkin hanya dianggap fantasi bagi banyak orang dan yang mungkin membuatnya hanya profesor dengan ilmu tinggi. Namun saat ini para pelajar SMU pun mampu membuat robot.

Seorang siswa kelas XI dari SMAN 54 Rawabunga, Jakarta Timur Ghenas Daffa yang mengikuti ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) mampu merakit sebuah robot yang bisa menjalankan fungsi sederhana mengangkat dan memindahkan barang ringan.

Ghenas dan teman-temannya membuat robot menggunakan perangkat bernama Lego Mainstorms. Sesuai namanya, Lego, robot-robot ini dibuat dengan cara disusun sedemikian rupa. Lego Mainstorms dilengkapi buku panduan, perangkat robot, mesin, dan semua peralatan yang dibutuhkan untuk membuat suatu robot. Menurut Ghenas, robot buatannya dapat digerakkan dengan operasi menggunakan perangkat aplikasi dari iPod dan ponsel iPhone. "Mengerjakannya penuh dengan coba-coba, jika salah, maka dirangkai kembali. Robot-robot yang dihasilkan berbentuk kecil seperti tokoh robot Wall-e dalam film kartun," ujar Ghenas, di Auditorium Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI), baru-baru ini. Ghenas menyebut, ekskul KIR kini tidak hanya berkutat pada percobaan kimia dan fisika, tetapi juga robotika. Inilah yang menarik minat Ghenas bergabung. Apalagi, kurikulum 2013 menuntut siswa aktif dan kreatif. "Saya juga tertarik membuat robot karena sadar bahwa di Indonesia tidak banyak ahli dalam bidang robotika," tutur Ghenas. Dia pun optimistis, dunia robotika di Indonesia akan berkembang baik. Sebab, teknologi ini membuat tugas manusia menjadi lebih ringan.Membuat robot sendiri merupakan salah satu kegiatan yang difasilitasi oleh Program Science, Math, Art, Engineering and Technology (SMART) Lab. Ia adalah laboratorium hasil kemitraan USBI dengan USAID.


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com