Admin Myindischool

headerBanner
Sering Foto Bisa Jadi Pelupa, Benarkah?

Sering Foto Bisa Jadi Pelupa, Benarkah?

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Kamis, 28 Agustus 2014 15:37 WIB 1941 0 0

Bagi kamu yang sering mengabadikan kegiatan dalam foto, baik menggunakan kamera atau ponsel pintar sebaiknya berhati-hati karena kebiasaan terlalu banyak berfoto bisa membuat orang jadi pelupa. Menurut Jurnal Psychological Science, mengatakan foto ternyata membuat kita melupakan hal-hal detil yakni melewatkan sesuatu yang ada di hadapan kita.

Ya benar saja, ketika sekelompok murid sekolah di museum dan meminta mereka untuk mengambil foto atau mengingat salah satu karya seni dan sejarah di tempat itu. Dan terungkap hasilnya bahwa mereka lebih sulit mengenali benda yang mereka foto. Mereka juga kesulitan mengingat detail dari objek tersebut.

Dari penelitian itu ditarik ditarik kesimpulan bahwa seseorang yang bergantung dengan teknologi ketika merekam suatu objek membuat kemampuan mengingat kejadian menjadi berkurang.

Peneliti lain, Dr Linda Henkel dari Fairfield University di Connecticut yang bergabung dalam penelitian itu mengatakan, saat orang bergantung pada teknologi untuk mengingat suatu objek, bisa jadi itu memberikan efek negatif pada kemampuannya dalam mengingat kejadian yang dialaminya.

Studi sebelumnya membuktikan bahwa foto lama memang bisa membantu ingatan, namun hal ini hanya jika foto itu sudah terlalu lama. Untuk mengingat kembali objek atau kejadian yang sudah lama harus ada interaksi dengan objek tersebut daripada merekamnya dengan kamera. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com