indra gunawan

Last login time
22 April 2019



headerBanner
Seperti Ini Manfaat Teknologi AR Untuk Dunia Pendidikan

Seperti Ini Manfaat Teknologi AR Untuk Dunia Pendidikan

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Senin, 10 Desember 2018 11:40 WIB 360 0 0

Di awal kemunculannya, teknologi Augmented Reality (AR) memang lebih dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Namun, seiring berjalannya waktu, pemanfaatannya pun digunakan untuk kemajuan dunia pendidikan.

Mengutip pendapat Jorge Bacca, dkk lewat tulisannya "Augmented Reality Trends in Education: A Systematic Review of Research," dalam jurnal Educational Technology & Society (2014), dijelaskan, beberapa tahun belakangan ini, penelitian tentang pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran (TEL) semakin fokus pada augmented reality, pembelajaran ubiquitous (u-learning), pembelajaran mobile (m-learning) dan pembelajaran analitis.

Dengan penerapan teknologi AR inilah diharapkan para siswa dapat memiliki experience yang tinggi sehingga bisa menciptakan tingkat kreatifitas yang mumpuni dan menghasilkan inovasi untuk dunia pendidikan, khususnya di dalam negeri.

Hal ini dimungkinkan karena dengan sistem AR mengkombinasikan objek yang ada di dunia nyata dengan objek virtual sehingga menghadirkan sebuah tampilan imajinasi positif, baik dari sisi tampilan hingga pendengaran dalam sudut pandang para pelajar.

Salah satu contoh penggunaan AR dalam dunia pendidikan, seperti yang pernah dilakukan Ibanez, Di Serio, Villaran, dan Delgado Kloos pada 2014 yang membuat aplikasi AR untuk mengajarkan konsep dasar dari ilmu elektromagnetik.

Dengan aplikasi ini, para siswa bisa mengeksplorasi efek dari bidang magnetik. Mulai dari kabel, magnet, baterai, dll, dapat dilihat hingga detail kebagian dalamnya melalui perangkat kamera mobile seperti tablet.

Dengan cara ini, siswa menjadi memiliki pengalaman yang lebih dan akhirnya memiliki pemahaman dan pengetahuan lebih sehingga dapat memiliki nilai akademik yang sesuai harapan.

Lalu, seberapa efektifkah AR untuk dunia pendidikan?

Dalam penelitiannya terhadap 32 studi jurnal, Jorge, dkk (2014) memberikan analisanya bahwa dengan AR siswa memiliki beragam kelebihan, seperti untuk keuntungan belajar, meningkatkan motivasi, interaksi, dan kolaborasi. Sehingga, siswa Indonesia dapat bersaing dengan pelajar luar lainnya dalam hal mengedepankan prestasi.

Dengan begitu, para siswa-siswi tanah air dapat mengharumkan nama bangsa, baik di dalam maupun luar negeri.

Foto : Shutterstock


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.088 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com