indra gunawan

Last login time
18 Desember 2018



headerBanner
Sambut Hari Guru, Ini Fakta Unik Yang Harus Kamu Tahu!

Sambut Hari Guru, Ini Fakta Unik Yang Harus Kamu Tahu!

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Jumat, 23 November 2018 10:52 WIB 166 0 0

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, 25 November, sudah seharusnya kita memberikan penghormatan kepada Pahlawan Tanpa Tanda Jasa ini atas kiprahnya dalam mendidik tunas bangsa menjadi berprestasi yang mengharumkan tanah air dimata dunia. Berikut fakta lain seputar guru lainnya yang wajib kamu tahu!

1. Guru adalah orang tua

Bukan rahasia lagi jika guru memang menjadi pengganti orangtua para murid kala sedang berada di sekolah. Dengan begitu, guru menjadi sosok yang memberikan pengawasan, ilmu serta melindungi anak didiknya dari hal-hal apapun. Dengan alasan ini pula guru berhak menegur siswa jika melakukan kesalahan. Bahkan dipersilahkan memberikan hukuman yang mendidik agar siswa tidak mengulangi kesalahannya kembali.

2. Menjadi suri tauladan

Banyak para murid yang akhirnya bercita-cita menjadi seorang guru karena berbagai hal postif yang dilakukan oleh para pahlawan tanpa tanda jasa ini. Mulai menjadikan siswanya berprestasi, mengharumkan nama bangsa hingga memberikan bantuan bagi siswa yang kurang mampu untuk tetap menimba ilmu menjadi kelebihan yang ingin dimiliki oleh siswa. Jadi, tidak heran jika banyak siswa yang mengidolakan para guru untuk dijadikan suri tauladan.

3. Seorang yang professional

Membagi tugas antara menjadi orangtua dengan menjadi pendidik memanglah tidak mudah. Diperlukan pembagian waktu yang professional agar semuanya berjalan sesuai porsi. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi seorang guru. Jika tidak adil, bukan tidak mungkin akan ada salah satu sisi yang tidak berjalan optimal. Untuk itu, perencanaan matang harus benar-benar diterapkan.

4. Memiliki ilmu dan daya ingat super

Salah satu kelebihan seorang guru adalah memiliki ilmu lebih dibanding orang lain. Bahkan, daya ingat yang super tajam pun menjadi modal penting untuk membagi ilmu ke anak didiknya saat proses mengajar berlangsung.

5. Penentu masa depan

Dengan memberikan pola pengajaran tanpa pamrih, serta rela menyumbangsihkan segala tenaganya untuk menjadikan anak didik lebih pintar, memang layak jika guru dijadikan salah satu tolak ukur bagi masa depan siswa.

6. Guru juga manusia

Menghadapi berbagai karakter siswa memang menjadi tantangan seorang guru dalam memberikan pola pengajaran. Ada yang mudah dididik, namun banyak juga yang membandel. Diperlukan kesabaran yang tinggi untuk menghadapinya. Namun, tidak jarang pula yang terkadang lepas control karena kesabaran ada batasnya. Oleh karena itu, saling menghargai menjadi kuncinya.

Sebagai informasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar puncak peringatan hari guru nasional pada 1 Desember 2018 mendatang yang akan bekerja sama dengan organisasi guru lainnya seperti PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).

Lewat momentum hari guru nasional di tahun 2018 ini, Kemendikbud akan berupaya meningkatkan profesionalitas guru sebagai sebuah profesi, profesionalisasi tenaga pendidikan yang masih memerlukan berbagai perbaikan.

Sementara itu, seperti yang dikutip dari tribunews.com, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Unifah Rosyidi menjelaskan bahwa puncak peringatan hari guru nasional akan diselenggarakan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Akan dimulai dengan berbagai lomba hingga upaya-upaya untuk tingkatkan profesionalisme guru.

Rencananya, akan ada 35 ribu pihak yang turut andil dalam dunia pendidikan Indonesia di agenda tersebut.

Foto : Shutterstock


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.868 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com