Super Administrator

headerBanner
Peran Guru Masa Kini yang Harus Kamu Tahu

Peran Guru Masa Kini yang Harus Kamu Tahu

IndiSchool - Myinfo · Posted by Super Administrator


Senin, 28 Mei 2018 13:22 WIB 242 0 0

Seperti dikutip dari akun resmi instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang digambarkan dalam info grafis, guru masa kini memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter anak didik. Untuk itu, guru memiliki jasa yang sangat besar untuk memajukan bangsa. Ini dia 5 peran pentingnya!

1. Pengajar. Guru mampu menyampaikan mata pelajaran agar dimengerti dan di dipahami oleh siswa. Untuk itu, seorang guru harus memiliki pengetahuan yang mumpuni yang bisa disebar luaskan ke para muridnya agar mereka menjadi lebih berwawasan dan akhirnya bisa bersaing di dunia internasional.

2. Katalisator. Guru diharapkan mampu untuk mengindentifikasi, menggali dan mengoptimalkan potensi anak didik. Disini, seorang guru harus pintar membaca perilaku anak didik agar sesuatu yang diterapkan dapat dijalankan sesuai yang diharapkan.

3. Penjaga gawang. Guru membantu anak didik untuk mampu menyaring pengaruh-pengaruh negatif yang ada di lingkungan, termasuk di dunia maya. Hal ini dilakukan agar anak didik dapat bersikap bijak dalam memanfaatkan tren teknologi masa kini.

4. Fasilitator. Guru membantu siswa menjadi subyek dalam proses pembelajaran, menjadi teman diskusi dan juga bertukar pikiran. Dengan cara ini, anak didik diharapkan lebih bisa berinovasi dalam berbagai hal untuk kemajuan dirinya sendiri atau untuk mengharumkan bangsa.

5. Penghubung. Guru mampu menghubungkan anak didik dengan sumber-sumber yang beragam, baik di dalam maupun di luar sekolah. Sehingga bisa mengasah jiwa sosial yang ada dalam diri anak didik.

Dengan peran ini, diharapkan nantinya guru mampu menyiapkan anak didik untuk memiliki kecakapan abad 21, yakni 4C: Critical Thinking (berpikir kritis dan analitis), Creative and Innovative (kreatif dan inovatif), Communicative (komunikatif), dan Collaborative (kolaboratif).

Sehingga mereka dapat lebih mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya untuk lebih go internasional!

(idr/foto: Dok. Kemdikbud.ri)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.468.531 Member Bergabung
Copyright © 2018 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com