rafa odreylia

Last login time
6 September 2019



headerBanner
Pentingnya Menanamkan pendidikan Karakter di sekolah

Pentingnya Menanamkan pendidikan Karakter di sekolah

IndiSchool - Myinfo · Posted by rafa odreylia


Senin, 19 Agustus 2019 14:52 WIB 58 0 0

Kedudukan aksara dalam perjalanan setiap insan sangat penting sekali. Bahkan pembentukan aksara semenjak dini akan sangat menentukan bagaimana seseorang dalam menjalani hidupnya.

Siapapun dia, apapun profesinya, saat memiliki aksara positif, tentu akan lebih baik dari pada yang tidak memiliki karakter. Maka dari itu, penanaman aksara konkret ini sangat diharapkan semenjak dini semoga mampu menjadi modal mereka dalam mengarungi perjalanan hidup yang sangat berat.

Karakter yang kuat, berani dan tidak mudah mengalah akan sangat membantu siapapun dalam menjalani hidup. Karakter konkret selalu mampu diterapkan dalam banyak sekali profesi, baik seorang pebisnis, pendidik, atau profesi lainnya. Seperti kita ketahui bersama bahwa yang sering menjadi problem bangsa Indonesia ini ialah banyaknya insan Indonesia yang tidak memiliki aksara konkret sehingga dimanapun mereka berada akan selalu menyebabkan problem dan bukan menjadi solusi dari sebuah masalah.

Ada tiga tahap dalam upaya pembentukan karakter melalui pendidikan, baik pendidikan formal dan non formal. Pertama, moral knowing: memahamkan dengan baik pada anak tentang arti kebaikan, mengapa harus berperilaku baik? Untuk apa berperilaku baik? Dan apa manfaat berperilaku baik?

Kedua, moral feeling: membangun kecintaan berperilaku baik pada anak yang akan menjadi sumber energi anak untuk berperilaku baik, membentuk karakter adalah dengan cara menumbuhkannya.

Ketiga, moral action: bagaimana membuat pengetahuan moral menjadi tindakan nyata moral action ini merupakan out come dari dua tahap sebelumnya dan harus dilakukan berulang-ulang agar menjadi moral behavior. Dengan proses pembentukan karakter ini sangat jauh dari kesan dan praktik doktrinasi yang menekan, malah sebaliknya siswa akan terdidik mencintai berbuat baik karena faktor dari dorongan internal dari dalam dirinya sendiri untuk selalu berbuat kebaikan dan meninggalkan perilaku buruk.

Wah, sungguh indahnya pendidikan kita jika sampai menyadarkan peserta didik untuk berperilaku karena kesadaran dirinya sendirinya, bukan dari doktrinasi atau yang lainnya

sumber photo :nasi tim


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.210 Member Bergabung
Copyright © 2020 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com