Admin Myindischool

headerBanner
Penemu Sepeda

Penemu Sepeda

IndiSchool - Myinfo · Posted by Admin Myindischool


Jumat, 10 Oktober 2014 16:49 WIB 2064 0 0

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi roda dua atau tiga yang mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Apakah Teman tahu siapa penemu sepeda? Berikut nama-nama penemu sepeda.

Baron Karl Drais adalah penemu sepeda pedal pada tahun 1818. Ia membuat sepeda dengan memakai kaki sambil berjalan atau berlari layaknya otopet atau skateboard. Dan sepeda dipatenkan oleh Von Drais dengan nama draisienne.

Pada tahun 1839, Kirkpatrick MacMillan, panda besi. Pria kelahiran Skotlandia ini membuat pedal khusus untuk sepeda. Dia membuat engkol, lewat gerakan turun-naik kaki mengayuh pedal. Engkol tadi menghubungkan dengan tongkat kemudi (setang sederhana).

Lalu Ernest Michaux membuat pemberat engkol hingga laju sepeda lebih stabil. Pria keturunan Perancis ini membuat sepeda pada tahun 1855. Pada tahun 1865, Pierre Lallement memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg). Lallement juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang.

Kemudian pada tahun 1885, John Starley melengkapi gagasan final dan membuat sepeda berfungsi secara sempurna. Starley memberikan gagasan yang sangat brilian dalam mebuat sepeda. Ia membuat terobosan baru dengan menciptakan roda berjari-jari sehingga sepeda menjadi lebih ringan untuk dikayuh.

Agar laju sepeda tidak berguncang, John Boyd Dunlop menemukan teknologi ban sepeda yang bisa diisi dengan angin (pneumatic tire ) pada tahun 1888. Selain itu juga ditemukan teknologi baru, seperti rem, rantai, setang yang bisa digerakkan, dan masih banyak lagi. Akhirnya orang pun mulai melirik sepeda sebagai alat transportasi yang mengasyikkan. Kini sepeda pun sudah memiliki beragam nama dan bentuk. Misalnya, sepeda gunung, sepeda BMX, sepeda mini untuk anak-anak, serta sepeda lipat. (***)


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.137 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com