indra gunawan

Last login time
27 Juni 2019



headerBanner
Pelajar Pemilih Pemula? Perhatikan 4 Hal Ini!

Pelajar Pemilih Pemula? Perhatikan 4 Hal Ini!

IndiSchool - Myinfo · Posted by indra gunawan


Senin, 15 April 2019 10:09 WIB 427 0 0

Buat kamu yang tahun ini baru saja berusia 17 tahun, pastinya akan merasakan pengalaman pertama sebagai pemilih dalam ajang demokrasi 5 tahunan. Nah, agar kamu tidak bingung dalam menentukan pilihan, perhatikan beberapa hal ini ya!

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), seperti yang dilansir dari detik.com, mencatat ada 5.035.887 orang pemilih pemula yang akan berusia 17 tahun sampai dengan 17 April 2019 pada Pemilu 2019. Jumlah ini akan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sangat menentukan suaranya untuk perkembangan bangsa ini kedepannya.

1. Pastikan nama kamu masuk dalam DPT

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mengecek namamu apakah sudah masuk sebagai DPT. KPU mengimbau warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih untuk mengecek namanya di DPT Pemilu 2019.

Pengecekan nama di DPT dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor desa/kelurahan tempat tinggal atau domisili.

Atau, cara yang kedua yaitu, mengecek melalui portal https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/. Masukan nama lengkap dan NIK. Jika sudah terdaftar, nama kamu akan muncul di TPS berapa nantinya kamu akan memilih.

Tapi, jika nama kamu tidak ada masuk dalam DPT, kamu tetap bisa menggunakan hak suara sebagai Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang mendapat kesempatan memilih diatas pukul 12.00 WIB.

2. Cari Info seputar Pilpres dan Pileg 2019

Cari tahu visi dan misi setiap calon presiden dan calon legislatif melalui berbagai media, mulai cetak, tv online, radio, dll. Kenali jumlah partai politik yang berpartisipasi dalam pemilu tahun ini. Cari tahu juga ada berapa surat suara yang akan dipilih tahun ini.

Khusus tahun ini, ada 5 surat suara yang akan dipilih oleh peserta Pemilu. Warna abu-abu khusu untuk memilih calon presiden dan wakil presiden. Dalam surat suara ini, akan ditampilkan foto masing-masing kandidat, nama, nomor urut, serta di bawahnya tertera logo partai pengusung paslon.

Kedua, surat suara pemilihan DPD RI dengan warna merah. Sama halnya surat suara presiden, DPD RI juga menampilkan foto kandidat lengkap dengan nama dan nomor urut. Ketiga, ada surat suara untuk DPR RI yang diberi warna kuning. Berbeda dengan dua surat suara sebelumnya, surat suara DPR RI menampilkan logo parpol, nomor urut parpol, nama caleg, serta nama urut caleg.

Surat suara keempat yaitu, untuk pemilihan DPRD tingkat Kabupaten/Kota dengan warna hijau. Isi surat suara ini serupa dengan DPR RI, yaitu menampilkan logo parpol, nomor urut parpol, nama caleg, serta nama urut caleg. Terakhir, surat suara pemilihan DPRD tingkat Provinsi yang diberi warna biru. Surat suara ini juga berisikan logo parpol, nomor urut parpol, nama caleg, serta nama urut caleg.

3. Pahami Tata Cara Memilih

Pastikan surat suara yang diterima dalam keadaan baik atau tidak rusak. Jika terlihat rusak, pemilih dapat langsung meminta surat suara penganti kepada Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Setelah itu, masuk ke bilik suara, buka satu per satu surat suara. Tusuk salah satu pilihan kamu di nomor atau difoto capres dan capres yang kamu kehendaki.

Hal yang sama berlaku juga untuk surat suara calon legislatif. Masukan ke dalam kotak suara yang telah disediakan dan celupkan salah satu jarimu ke tinta yang telah disediakan panitia sebagai tanda bahwa kamu telah berpartisipasi dalam pemilu.

4. Asas Luber Jurdil

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menganut azas Luber (Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia) dan Jurdil (Jujur Adil). Hal ini untuk menghormati setiap pilihan yang ada. Siapa pun yang terpilih, diharapkan akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik kedepannya. Selamat memilih!


Baca Juga



Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.


Please wait...


Ada 2.469.170 Member Bergabung
Copyright © 2019 IndiSchool - Indonesia Digital School. All Right Reserved
MyIndiSchool.com